Google Sebut Bahwa Keamanan Android Alami Peningkatan di Tahun 2017!

0
597
Android
Copyright ©Android

Keamanan Android Alami Peningkatan di Tahun 2017? Kepoin Dulu Yuk!

Oketekno.com – Baru-baru ini David Kleidermacher selaku Security Chief Google, telah memastikan bahwa Android merupakan sistem yang aman sama seperti pesaingnya. David merupakan pimpinan keamanaan Google sejak bulan Mei 2016 silam, dan dirinya lah yang bertanggungjawab untuk membuat sistem tetap aman.

Seperti yang dilansir Phone Arena pada hari Senin 19 Maret 2018, terkait keamanan ini disampaikan langsung oleh David ketika merilis laporan terkait keamaan Google. Dari laporan tersebut, keamanan dari Andorid dinyatakan mengalami peningkatan pada tahun 2017 dan banyak perlindungannya  kini mampu memimpin industri.

Untuk dapat membuatnya tetap aman, pastinya membutuhkan komitmen bersama para pengguna. Contohnya, jika bercermin pada pernyataan Google, bahwa perangkat yang menggunakan sistem operasi tersebut yang hanya mengunduh aplikasi dari Play Store, maka kemungkinan sembilan kali lebih kecil untuk memasang Potensial Harmfull Application (PHA) dibandingkan aplikasi sideload.

BACA JUGA: Android Oreo Bakal Sambangi Smartphone Huawei P9?

Selain itu perangkat Android juga dilindungi dengan Google Play Protect, yang memindai sistem untuk menemukan PHA di dalam perangkat, data dan aplikasi. Berkat adanya teknologi ini, memungkinkan pengguna dapat menemukan Smartphone tau perangkat lainnya yang hilang. Selain itu dapat melindunginya dari berbagai stus berbahaya, serta mendapatkan keuntungan dari sistem yang dapat mendeteksi serta menghapus PHA.

Cara Meringankan Kinerja RAM Android B
Copyright ©lowaccess

Dari data Google, mengunduh PHA dari Play Store kemungkinan mengalami penurunan. Seperti yang diketahui, pemindaian harian dari Play Perfect dapat membantu menyapu bersih sekitar 39 juta PHA dari rata-rata satu juta perangkat.

BACA JUGA: Perlu Kalian Ketahui, Ini Lho Fitur Utama Android P!

“Google bekerjasama dengan para mutra manufaktur perangkat, SoC dan operator seluler, untuk memberikan keamanan Android kepada semua perangkat. Pada 2017, kami juga memperluas pemeriksaan keamanan secara proaktif dengan mengidentifikasi dan menghapus PHA pada perangkat Android,” Tulis Google dalam sebuah laporannya.

Tampaknya Google makin serius dalam meyakinkan bahwa Android merupakan sistem operasi yang aman. Sebelumnya pernah melakukan pemilihan di Play Store, dan kali ini raksasa internet tersebut  mengenalkan rangkaian smartphone yang cocok untuk digunakan dalam menunjang kebutuhan bisnis.

Biasanya perangkat yang digunakan untuk kebutuhan bisnis adalah perangkat yang memiliki tingkat keamanan tinggi. Mengingat banyaknya anggapan kalau Android kurang aman,  tidak banyak pengguna bisnis memakai sistem operasi ini. Guna menepis anggapan ini, akhirnya google merilis Android Enterprise Recommended.

BACA JUGA: Youtube for iOS Dapat Dukungan Fitur Night Mode, Android Kapan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here