Dibanderol Selangit, Ternyata Ongkos Pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus Hanya Setengahnya!

0
2721
Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus -
Copyright ©Nextren

Ternyata Ongkos Pembuatan Samsung Galaxy S9 Plus Hanya Setengahnya?

Oketekno.com – Memang sudah menjadi kebiasaan sebuah Smartphone flagship dibanderol dengan harga selangit, termasuk Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus yang baru saja dirilis pada bulan Februari lalu dalam perhelatan akbar Mobile Wolrd Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol.  Lantas berapa biaya pembuatan ponsel terbaru Samsung itu?

Seperti yang kita ketahui, Galaxy S9 Plus dilepas dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Galaxy S9. Kemudian situs Tech Insights mencoba melakukan analisa terkait berapa banyak ongkos yang dikeluarkan perusahaan asal Korea Selatan itu untuk membuat S9 Plus.

Dan hasilnya, ponsel pintar itu dibuat hanya dengan merogoh kocek USD 379 atau sekitar Rp 5,7 juta per unit. Rupanya ongkos pembuatan perangkat itu jauh lebih mahal USD 10 dari Galaxy Note 8, sehingga membuat Samsung Galaxy S9 Plus menjadi ponsel Samsung dengan ongkos pembuatan termahal saat ini.

BACA JUGA: AR Emoji Samsung Galaxy S9 Makin Lucu Berkat Kolaborasi dengan Disney!

Tidak hanya membandingkan dengan Galaxy Note 8, situs tersebut juga menbandingkannya dengan ongkos pembuatan seri lainnya seperti Galaxy S8 Plus  yang hanya mencapai USD 343 atau sekitar Rp 4,7 juta hinga iPhone 8 Plus yang ongkos pembuatannya jauh lebih murah yakni USD 324,50 atau sekitar 4,4 jutaan.

Samsung Galaxy S9 Plus
copyright©AndroidHeadlines

Meskipun jadi Smartphone dengan ongkos pembuatan paling mahal untuk saat ini, namun Samsung Galaxy S9 Plus ternyata masih  kalah dari iPhone X. Ponsel terbaik besutan vendor Apple itu merogoh kocek USD 389.50 atau sekitar Rp 5,3 juta hanya untuk ongkos pembuatan per unit.

BACA JUGA: Ternyata Ini Bedanya AR Emoji Samsung Galaxy S9 dengan Animoji iPhone X!

Lalu apa yang menyebabkan ongkos pembuatan Galaxy S9 Plus lebih mahal? Situs tersebut menyebut bahwa chipset Exynos 9810 cukup memiliki kontribusi harga yang mahal, yakni USD 68.

Selain chipset, panel layar yang mengasopsi super AMOLED pun tak lepas dari perhatian kontribusi harga USD 72. Kemudian sisanya ada beberapa bagian yang memang memiliki harga tinggi. Seperti memori, kamera, serta bagian non-elektrik lainnya.

Kemudian yang terakhir dan perlu diingat bahwa USD 379 merupakan hitungan dari ongkos produksi yang terhitung dari komponen. Hal ini berarti tidak termasuk dengn hitungan biaya R&D, pemasaran, dan lain-lain.

BACA JUGA: Horeee… Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus Resmi Lakukan Penjualan Perdana!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here