Bahaya Main Kuis Kepribadian Abal-abal di FB!

0
924
fb
Copyright ©The Telegraph

Awas, Main Kuis Kepribadian Abal-Abal di FB Berbahaya Lho!

OKETEKNO.com – mungkin kamu, keluarga, kenalan bahkan gebetan suka main kuis kepribadian abal-abal di FB, ada baiknya mulai sekarang kegiatan tersebut dihentikan atau setidaknya dikurangi, hal ini lantaran sangat berisiko membahayakan profil pribadi.

Hal ini bisa ditangkap dengan logika yang dasar dimana kusi tersebut akan meminta calon penggunanya untuk login terlebih dahulu agar dapat jawaban kuis yang menarik bagi pengguna. Jawaban ini mulai dari hal yang dianggap tak penting sampai hal yang berkaitan dengan jodoh, rezeki sampai dengan kematian. Hal ini sangat tidak relevan dengan kehidupan nyatanya.

Baca Juga: Waduh, Facebook Terlibat Skandal Bocornya Data Pengguna Puluhan Juta Pengguna?

Mengenai jawaban yang dikemukan oleh berbagai kuis tersebut, tentu bukanlah hal yang benar adanya, kenapa demikian, hal ini didasarkan pada berbagai tes psikologi yang biasanya dilakukan, yakni selalu menyajikan berbagai pertanyan yang panjang dan komperehensif sehingga mendapatkan jawaban yang akurat.

Ancaman bahaya ini datang saat media Amerika Serikat melayangkan kritik keras kepada Cambridge Analytica yang merupakan perusahaan data asa Inggris yang dituding melakukan eksploitasi pada data 50 Juta pengguna FB.

Menurut lansiran dari Recode, Selasa (20/3/2018) awalnya peneliti Aleksandr Kogan membuat aplikasi “thisisyourdigitallife” dimana aplikasi ini menyediakan kuis dengan syarat harus login dengan FB.

Kuis Kepribadian Abal-abal di FB
Kuis Kepribadian Abal-abal di FB Copyright ©KabarNews

Dengan hadirnya kuis ini ternyata menciptakan sebuah celah kepada pembuat kuis dimana nantinya akan terlihat data-data pengguna FB layaknya idenditas dan hal yang kamu senangi.

Baca Juga: Update Baru, Pokemon Go Kini Bisa Terhubung dengan FB

Data-data yang tersebar ini dikhawatirkan digunakan untuk kepentingan si pengambil. Kogan sendiri yang mengaku akademisi mengaku ke FB kalau hanya melakukannya untuk penelitian, tapi nyatanya dibagi hasilnya ke Cambridge Analytica.

Dengan begini, pihak FB pun akhirnya merasa dibohongi sekaligus dikhianati oleh pembuat aplikasi tersebut. Sayang sekali, di Indonesia kini banyak beredar kuis-kuis serupa yang masih popular. Meski kualitasnya cenderung ‘abal-abal’ dan sangat mencurigakan.

Oleh karenanya, hati-hati sebelum melakukan sesuatu apalag jika berkaitan dengan berbagai data diri pribadi yang akan dibagikan secara umum, lebih bisa membatasi diri dan menjaganya dengan rapi.

Selamat berinteraksi.

Baca Juga: Ternyata Facebook Diam-diam Luncurkan Aplikasi WiFi Super Cepat Untuk Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here