Tak Melulu Jatuh, 5 Hal Ini Jadi Penyebab Layar Smartphone Kamu Cepat Rusak

0
1176
penyebab-layar-hp-rusak
Penyebab Layar HP Rusak Copyright © JalanTikus

5 Hal Penyebab Layar Smartphone Cepat Rusak

OKETEKNO.comSmartphone atau handphone saat ini menjadi salah satu barang ‘wajib’ yang seakan harus ada menamani kamu dimanapun berada, bahkan tak jarang juga lho orang yang membawa smartphone nya sampai ke kamar mandi. Hal ini menjadi suatu hal yang wajar dan lumrah menginngat era moderniasi yang kian menjamur dan tak terbendung lagi.

Sebagai salah satu barang ‘kesayangan’ smartphone ini pasti mempunyai berbagai kelemahan, salah satunya adalah di bagian layarnya. Meski terlihat kokoh dibagian belakang, bagian layar ini sebenarnya sangat rentan sekali lho dengan benturan, goresan bahkan sampai dengan pukulan.

Baca Juga: Ternyata Ini Lho Alasan Kenapa Vivo V9 Punya Poni Seperti iPhone X!

Tak selalu jatuh dari ketinggian atau dipukul dengan benda keras, beberapa kebiasaan ‘buruk’ yang dilakukan kepada smartphone ini bisa menyebabkan layar cepat rusak lho. Apasaja sih kebiasaan tersebut, simak ulasannya berikut.

  • Menaruh smartphone di tempat yang sempit

Jangankan smartphone, kucing saja kalau diletakkan di tempat yang sempit pasti akan lari, pastinya kita tak menyadari bahwa saat menempatkan smartphone di tempat sempit akan menyebabkan tekanan yang berlebih, khususnya pada bagian layar.

Contoh nyata dalam kasus ini misalnya kita meletakkan smartphone di saku celanan yang kebetulan sanga sempit, otomatis smartphone akan tertekan dan bisa menyebabkan kekuatan layar menjadi semakin berkurang.

  • Menekan Berlebihan

Kalau kasus ini mungkin biasa terjadi pada anak-anak ataupun orang yang suka geregetan saat main game (main mobile Legends kalah terus misalnya). Nah, ketika kamu melakukan tekanan pada layar secara berlebihan dan frekuensinya sering, maka kemungkinan besar layar kamu akan mengalami gangguan. Memang gangguan ini tak langsung terjadi, tapi yakin deh pasti suatu saat nanti akan rusak karena makin lama performanya makin berkurang.

layar-hp-rusak-2
Penyebab Layar HP Rusak Copyright © JalanTikus
  • Menggunakan Kuku

Kenapa nggak menggunakan benda tajam sekalian, bisa dipercaya bisa tidak, menggunakan kuku saat menyentuh smartphone bisa menurunkan kualitas layar yang dimiliki. Meski tak begitu tajam tapi tetap saja akan menimbulkan bekas, apalagi jika dilakukan secara terus menerus, maka akan muncul lecet dan baret sebagai tanda permulaan. Selanjutnya bisa sampai rusak total.

  • Kena Sinar UV Langsung

Ternyata bukan hanya kulit manusia saja lho, layar smartphone sebenarnya juga sensitive terhadap sinar UV. Alasannya yakni sinar UV mampu mengisik layar dan megakibatkan perubahan kontras pada warna dan seluruh tampilan.

Baca Juga5 Smartphone Tahan Air Terbaik, Cocok Banget Buat Aktivitas di Dalam air!

  • Ditempatkan Dekat Barang Elektronik

Menaruh Smartphone di dekat barang elektronik lain terlebih saat menyala bisa menimbulkan efek yang kurang bagus dan ternyata turut andil dalam membuat layar smartphone cepat rusak, barang elektronik lain tersebut misalnya TV, Radio, Kulkas dan barang lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa hal penyebab layar smartphone jadi cepat rusak, jaga baik-baik smartphone kamu ya, ingat saat kamu membelinya dulu, butuh perjuangan dan kerja keras.

Baca Juga: 5 Smartphone Android Punya RAM 6GB Terbaik, Harga 2 Jutaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here