Cara Mudah Tingkatkan Performa Windows 10 yang Lemot

0
1378
Windows 10 Lemot-
Windows 10 Copyright ©SeputarTeknnologi

PC Windows 10 Kamu Lemot, Ini Cara Mengatasinya

OKETEKNO.com – ‘Lemot’ memang menjadi salah satu masalah yang cukup serius jika dianalogikan dengan berbagai hal, baik smartphone maupun PC/Laptop akan sangat menyebalkan jika mengalami hal tersebut. Nah, dalam pembahasan kali ini saya akan menyampaikan bahwa jika Windows 10 anda baik di PC atau Laptop mengalami ‘Lag’ atau lemot yang berkepanjangan, boleh jadi saya bisa memberikan solusi untuk anda.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi windows 10 yang anda gunakan lemot, spesifikasi dan versi memang bisa jadi penyebab utama, namun bebrapa hal lain yang bisa timbul yakni adanya bloatware dan program yang terinstall juga bisa menjadi penyebab lain lho.

Baca Juga: Ini Dia, Cara Install Windows 10 di Smartphone Android dengan Mudah dan Cepat!

Nah, berikut ini adalah hal yang bisa dilakukan agar Windows 10 yang anda gunakan bisa meningkat performanya.

Windows 10 Lemot
Windows 10 Lemot Copyright ©Telset
  • Matikan Program yang Tidak diinginkan

Hal ini sudah menjadi salah satu catatan wajib ya soalnya untuk anda yang sudah paham dengan windows baik yang lama maupun windows 10. Menonaktifkan berbagai program yang tidak diperlukan ini nantinya akan sangat membantu dalam performa yang dijalankan pada Windows 10.

Cara ini bisa dilakukan dengan masuk ke Task Manager dengan menekan kombinasi Ctrl+Shift+Alt secara bersamaan. Disana akan terpampang berbagai program dan layanan yang sedang berjalan, baik yang ada di depan maupun yang di background.

Baca Juga: Cara Mengatur Efek Suara di Windows 10!

Setelah itu klik menu startup, disana akan terlihat berbagai aplikasi yang akan otomatis berjalan ketika PC atau Laptop dinyalakan. Untuk diperhatikan, lebih baik buang aplikasi yang tidak penting sehingga nantinya akan lebih cepat ketika melakukan booting.

  • Matikan Fitur Shadow, Animasi dan Efek

Cara mematikan fitur ini sangat mudah sekali, jika anda tak ingin repot dengan memilih fitur satu persatu, langsung saja ketik sysdm.cpl di kotak pencarian lalu tekanenter. Disana akan menampilkan boks yang bertuliskan System Properties, Klik Tab Advance dan Klik Setting di bagian performance. Setelah muncul kotak dialog baru, langsung pilih saja “adjust for Best Performance”.

  • Buang Bloatware

Bukan hanya di Smartphone, anda juga harus memperhatikan berbagai Bloatware yang mengancam di windows 10, cara mengatasinya yakni dengan memanfaatkan windows defender untuk melakukan scan dan secara otomatis akan mencari malware dan menghapusnya sekalian.

Nah, itu tadi sedikit pembahasan tentang cara mengoptimalkan Windows 10 agar tak lagi lemot, banyak cara lain yang belum saya sebutkan, mungkin disambung lain kali ya, atau anda masukkan langsung di kolom komentar juga tidak apa-apa, terima kasih.

 Baca Juga: Cara Menangani Modem Tidak Terhubung di Windows 10!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here