Komputer Terkecil, Bahkan Lebih Kecil dari Butiran Beras yang Dirilis Oleh IBM

0
745
Ilustrasi Komputer Terkecil IBM
Ilustrasi Komputer Terkecil IBM Copyright ©IBM

Komputer Terkecil di Dunia Buatan IBM, Untuk Apa?

OKETEKNO.com – Kabar mengejutkan datang dari IBM yang baru-baru ini memperkenalkan Komputer yang diklaim Terkecil di dunia, untuk ukurannya sendiri yakni hanya 1×1 mm, lebih kecil dari butiran beras bahkan garam sekalipun.

Meski kecil, perangkat ini sudah lengkap dengan terdiri dari processor dan memori serta unit komunikasi yang tertanam dalam motherboard khusus lho, bahkan daya komputasinya sebanding dengan computer desktop x86 di era 1990an. Pantaslah jika Komputer Terkecil ini dinobatkan jadi yang terunggul saat ini.

Baca Juga: Cara Mudah Tingkatkan Performa Windows 10 yang Lemot

Dilihat dari tenaga yang dikeluarkan, memang tidak sebesar chip mobile masa kini apalagi jika dibandingkan dengan Komputer desktop modern saat ini. Namun melihat peruntukannya, Komputer Terkecil ini nantinya digunakan untuk melacak keaslian dan pengiriman basis teknologi distributed ledger.

Distributed Ledger sendiri merupakanrekaman transaksi terdesentralisasi yang digunakan sebagai dasar teknologi Cryptocurrency alias mata uang virtual. Di idang pengiriman, Komputer Terkecil milik IBM ini bisa menjadi semacam “Watermark Digital” yang nantinya akan tertanam pada barang guna mencegah pemalsuan dan penyalahgunaan dalam jalur logistik.

Ilustrasi Komponen Komputer Terkecil IBM
Ilustrasi Komponen Komputer Terkecil IBM Copyright ©IBM

Karena ukurannya yang sangat kecil, computer ini bisa disematkan di berbagai benda termasuk boks kemasan. Bahkan harganya pun sangat murah, yakni hanya sekitar 10 sen Dollar per unit.

Baca Juga: Wow, Kini Performa Raspberry Pi 3 Model B+ Makin Kencang Lho!

Komputer Terkecil ini nantinya akan memberikan solusi bagi perusahaan untuk mengatasi masalah keamanan makanan, keaslian komponen barang-barang hasil rekayasa genetika serta identifikasi barang palsu da nasal-usul barang mewah.

Selain di jalur logistik, kemungkinan masih ada beberapa wilayah yang mungkin akan dijangkau oleh Komputer Terkecil ini nantinya. Bahkan dengan beberapa ratus ribu transistor yang berada di dalamnya, Komputer Terkecil tersebu nantinya bisa saja menjalankan program kecerdasan buatan sederhana.

Sampai saat ini Komputer Terkecil kini masih dalam tahap pengembangan, IBM belum resmi mengungkapkan kapan akan melenggang ke pasaran dan siap digunakan. Namun menurut prediksi yang dikeluarkan yakni 5 tahu ke-depan.

Baca Juga: Lenovo Hadirkan Keluarga ThinkPad Terbaru di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here