Makin Terpuruk, Nasib FB (Facebook) Layaknya Friendster?

0
1254
fb
Copyright ©thewire

Bagaimana Nasib FB Kedepannya Nanti?

OKETEKNO.com – Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, apapun itu pasti ada masanya, seperti halnya di dunia teknologi dan informasi. Masih ingat dengan nama Friendster? Di tahun 2000 an era Friendster begitu memikat namun berselang beberapa tahun kemudian tenggalam dan digantikan oleh FB.

Facebook yang kini tengah dilanda krisis besar-besaran lantaran sekitar 50 juta user dikatakan bocor dan dimanfaatkan untuk mempengaruhi pilpres Amerika Serikat. Bisa dikatakan FB saat ini tengah berada di ujung tanduk, apakah nasibnya nanti layaknya Friendster?

Baca Juga: Begini Cara Hapus Facebook Tanpa Ribet!

Hal ini pun diperkuat dengan anjloknya harga saham sekitar USD 35 Miliar, hal ini berbanding lurus dengan anjloknya kekayaan Mark Zukerberg sampai ratusan triliun.

Sebelum hebohnya skandal yang begitu horror, sebenarnya catatan yang kurang mengenakkan sudah didapatkan oleh FB selama beberapa kuartal terakhir, menurut laporan kuartal IV 2017, Zuck sendiri yang mengungkapkan bahwa waktu user mengakses facebook turun sampai 50 jam per hari.

Copyright©istimewa/oketekno

Meski hal ini tak diimbangi dengan pengguna aktif harian yang meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya, namun fakta kurang memuaskan kembali harus ditelan saat pengguna anjlok sampai 1 juta dalam kuartal tersebut di kandang sendiri Amerika Serikat dan Kanada.

Baca Juga: Aleksandr Kogan, Pria Yang Diduga Membocorkan Jutaan Data Facebook!

Untuk Eropa, FB nampaknya sudah tak begitu diminati bahkan pertumbuhannya sangat melambat, padahal secara penghasilan mampu hasilkan sampai dengan 75 persen. Riset baru yang dikemukakan oleh eMarketer mengestimasi bahwa pasar Facebook di periklanan digital Amerika Serikat menurun dalam dua tahun terakhir.

Apalagi saat ini diperparah dengan kebocoran data 50 juta user yang masih hangat-hangatnya. Hal ini menyita perhatian otoritas yang ingin meminta pertanggung jawaban Facebook dan pastinya Mark Zuckberg selaku pendiri sekaligus CEO. Jika hal ini tak ditangani secara tepat bisa jadi nama FB akan makin memburuk.

Era Frindster memang tergerus dengan adanya FB yang mempunyai miliaran pengguna aktif. Untuk saat ini kemungkinan Facebook masih bisa survive, namun entah itu kapan, pastinya aka nada massa dimana semua kejayaan tersebut runtuh. Berhati-hatilah Mark!

Baca Juga: Pendiri WhatsApp Ikutan Suarakan Hapus Facebook? Kenapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here