Cara Menghapus Virus di Smartphone Android Tanpa Aplikasi Antivirus

0
3177
Android
Copyright ©Android

Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

OKETEKNO.com – Salah satu cara menghapus virus di smartphone android memang bisa dilakukan dengan cara mengandalkan aplikasi antivirus, namun bagaimana jika kasusnya apabila justru antivirus tersebut menghapus berbagai data penting yang terinjeksi dengan virus atau bahkan lebih parahnya lagi antivirus tersebut malah jadi tempat bersemayamnya virus itu sendiri?

Baca Juga: Antivirus Terbaik Untuk Smartphone Android Anda

Hal ini bisa jadi dilema yang cukup berat, dengan berbagai kemungkinan tersebut saya sepenuhnya memberikan keputusan kepada anda. Namun sebagai pertimbangan di sini, saya akan memberikan berbagai tips cara menghaspus virus di smartphone Android tanpa menggunakan Antivirus, memang bisa? Bisa saja kok, ikuti saja langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

  1. Cara Kasar

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan Factory Reset, tapi untuk catatan penting yang bisa diingat, cara ini bisa menghilangkan semua data yang terpasang di android kamu lho. Meskipun cara ini ampuh tapi harus piker ulang dulu ya.

Android
Copyright ©Android
  1. Cara Aman
  • Untuk Cara ini memungkinkan anda menghapus virus tanpa antivirus dengan risiko kehilangan data yang lebih kecil, langkah pertama langsung masuk ke safe mode.
  • Otomatis akan lebih ringan ketika masuk safe mode, hal ini dikarenakan safe mode hanya menjalankan berbagai aplikasi penting bawaan sistem operasi.
  • Dengan masuk di safe mode ini nantinya anda bisa berpindah ke aplikasi satu dan lainnya dengan mudah, jadi bisa mengamati berbagai file mencurigakan sekaligus menghapusnya sekalian.

Baca Juga: Aplikasi Antivirus Android Terbaik dan Terpopuler 2017

  • Cek Aplikasi di Safe Mode
  • Ketika berada dalam safe Mode, cek aplikasi yang sudah anda install, untuk caranya masuk ke setting Apps lalu pilih tab download. Secara otomatis sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga lantaran berada di dalam safe mode, namun karena virus termasuk dalam golongan sistem, maka nantinya akan terlihat sebagai pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem
  • Jika besar kemungkinan terinjeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tak pernah terinstal di android kamu
  • Melanjutkan cara sebelumnya, langsung hapus aplikasi asing tersebut dengan klik uninstall.apabila aplikasi tersebut tak bisa di uninstall karena sudah mendapat persetujuan administrator, maka langkah selanjutnya adalah masuk ke setting, security kemudian device administrator.
  • Setelah ketemu, hilangkan centang akses administrator kemudian kembali ke aplikasi tersebut dan uninstall.
  • Keluar Safe Mode

Usai langkah penghapusan selesai, langsung keluar dari safe Mode dengan cara restart seperti biasa.

Bagaimana, mudah bukan cara menghapus virus di smartphone android tanpa menggunakan antivirus, cara ini pastinya masih bisa digunakan sampai saat ini. teruntuk perkembangannya nanti, akan dibahas dalam kesempatan berikutnya ya guys.

 Baca Juga: Cara Melindungi Komputer Tanpa Menggunakan Antivirus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here