Selain Membuka Lockscreen, Fingerprint Bisa Digunakan Untuk Ini Lho!

0
2795
fungsi lain fingerprint
fungsi lain fingerprint Copyright ©Droidlime

Tak Hanya Untuk LockScreen, Ini Fungsi Lain dari Fingerprint

OKTEKNO.com – Semakin canggihnya smartphone saat ini maka semakin canggih pula tingkat keamanan yang ditanamkan dalam sebuah smartphone tersebut. Salah satu yang sudah lazim ditemui adalah hadirnya sensor fingerprint yang nantinya akan digunakan sebagai layanan keamanan dalam sebuah smartphone.

Fingerprint menjadi salah satu fitur keamanan yang sudah menjamur di berbagai smartphone, baik untuk kalangan atas, menengah bahkan sampai bawah pun sekarang sudah menggunakan fasilitas yang satu ini. fungsi utama dari fingerprint ini memang untuk membuka lockscreen dengan menggunakan sidik jari dari pengguna.

Baca Juga: Tak Perlu Hapus, Begini Cara Selamatkan Data di Facebook!

Namun, pernahkah terbersit keinginan untuk membuat Fingerprint ini memiliki fungsi selain membuka lockscreen? Kalau belum maka saya akan mengajak anda untuk menginginkanya.

Ya, dengan sensor fingerprint ini kita bisa menambahkan fungsi lain pada Fingerprint lho, yakni dengan memanfaatkan aplikasi tambahan yang bernama Fingerprint Swipe. Aplikasi ini nantinya akan menjalankan perintah sesuai dengan yang pengguna atur sebelumnya. Misalnya anda bisa mengatur perintah sederhana seperti lampu senter, notofokasi, navigasi bar sampai menjalankan aplikasi dengan swipe sidik jari.

Langsung saja menuju caranya menambahkan fungsi fingerprint saja kalau begitu, langkah pertama yang bisa dilakukan yakni download aplikasi Fingerprint Swipe kemudian install seperti aplikasi lain di android kamu.

fungsi lain fingerprint-
fungsi lain fingerprint Copyright ©Droidlime

Saat megaktifkannya kamu wajib memberikan akses accessibility agar aplikasi dapat berjalan dengan maksimal. Kemudian masuk ke menu fingerprint Swipe dana tur perintah untuk setiap arah. Contohnya yakni mengatur arah kanan untuk mengaktifkan center, kiri mematikan senter dan bawah memunculkan notifikasi dan atas menghilangkan notifikasi.

Baca Juga: Begini Cara Menghemat Baterei Smartphone Agar Tak Selalu Bawa Power Bank!

fungsi lain fingerprint1
fungsi lain fingerprint Copyright ©Droidlime

Selain contoh di atas, kamu bisa juga menambahkan perintah lain seperti control volume, scroll, control media sampai memanggil aplikasi tertentu.

Namun untuk perintah screenshot dan scroll layar, kemungkinan besar hanya bisa dilakukan oleh Android yang sudah di root, jadi untuk yang belum, bersabar ya.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang memanfaatkan fingerprint yang tak hanya untuk lockscreen saja, ternyata masih bisa dimanfaatkan dengan fungsi lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Mengatasi Android Hardbrick

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here