Ternyata Ini Harga Jual Satu Akun Facebook!

0
8322
facebook-6
Copyright ©zdnet

Berapa Harga Jual Satu Akun Facebook?

Oketekno.com – Setelah terkuaknya soal skandal besar atas Facebook yang menjual 50 juta data pengguna setianya pada tim kemenangan presiden Donald Trump di Pemilu Amerika Serikat, kini berbagai fakta pun terus bermunculan. Salah satunya adalah tentang harga untuk penjualan data untuk satu pengguna jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Seperti yang diketahui, perusahaan konten marketing, Fractl menemukan informasi harga data pengguna di dark web. Perusahaan inilah yang membuat data dari tiga pasar gelar web terbesar dunia yakni Dream, Point, dan Wall Street Market.

Penelitian yang mereka lakukan yakni dengan mendownload atau mengunduh Tor Client atau jaringan anonim pada browser, supaya bisa melakukan akses ke dark web. Bukan hanya itu saja, disana mereka juga menemukan bahwa satu login akun FB dihargai hanya  $5,20 atau sekitar Rp71.712.

BACA JUGA: Cara Live Streaming Mobile Legends Ke Youtube dan Facebook

Akan tetapi dengan hanya membeli satu akun sahja, maka seseorang dapat mengakses aplikasi lain yang terhubung dengan FB itu. Selama ini banyak pengguna media sosial yang menggunakan akunnya untuk login ke aplikasi lain seperti spotify atau airbnb.

facebook instagram
Copyright ©Wersm

Namun harga untuk satu akun Facebook dikatakan harganya masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan akun Gmail yang hanya $1 atau sekitar Rp13.790. Sementara untuk akun aplikasi transportasi online dunia, Uber dihargai $7 atau sekitar Rp96.536.

BACA JUGA: Ups, Mozila Bakal ikutan Tarik Iklannya Dari Facebook?

Sedangkan untuk satu akun pengguna media sosial lainnya seperti Twitter, satu akunnya dihargai $1,66 atau Rp22.892, dan Instagram $1,28 (Rp17.653). Sedangkan Linkedin $2,07 atau Rp28.548.  Artinya, hanya mengeluarkan uang  Rp104.813, sudah bisa mendapatkan data akun dari keempat media sosial berbeda sekaligus.

Seperti yang dilansir dari situs Daily Mail pada hari Jumat 23 Maret 2018, menurut para ahli bahwa akun itu dihargai sangat rendah.  Sebab pembobol dengan mudahnya bisa masuk ke semua akun seperti Gmail, Uber, hingga FB. Intinya untuk mendapatkan data di dunia maya sangat mudah sekali.  Artinya, tak ada lagi privasi.

Dalam sebuah laporannya, Fracti membuat data harga dari semua sektor yang dilayani melalui media sosial. Rupanya sektor keuangan termahal harganya berkisar antara Rp482.730 hingga Rp3,4 juta.

BACA JUGA: Tak Perlu Hapus, Begini Cara Selamatkan Data di Facebook!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here