Ikuti Jejak Vivo, Huawei Mate 20 Akan Didukung Fingerprint di Layar?

0
900
sidik jari dalam layar .
Copyright ©Net

Rumor Huawei Mate 20 dengan Sensor Pemindai Sidik Jari di Layar!

OKETEKNO.COM – Langkah Vivo yang berani membuat gebrakan baru dengan menghadirkan inovasi sensor fingerprint di layar nampaknya menjadi inovasi tersendiri di masa mendatang. Sejumlah analis gadget membuat spekulasi bahwa fitur sensor pemindai sidik jari tertanam di layar akan populer di tahun ini dan banyak diadopsi oleh sejumlah vendor smartphone. Baru-baru ini beredar kabar bahwa salah satu pabrikan ponsel Tiongkok yakni Huawei berencana mengikuti jejak Vivo. Vendor berlogo kipas merah tersebut kabarnya akan menghadirkan perangkat Huawei Mate 20 dengan sensor fingerprint di layar.

Kehadiran teknologi fingerprint didalam layar ini memang menjadi fitur canggih dari sebuah smartphone saat ini. Kehadiran fitur tersebut tentunya membuat perangkat yang mengusungnya menjadi lebih futuristik dan mewah. Pabrikan selain Vivo yakni Huawei bersiap merilis Huawei Mate 20 yang siap mengikuti jejak smartphone fingerprint di layar pertama yang telah dirilis yakni Vivo X20 Plus UD dan X21 UD.

Baca Juga Trio Huawei Honor Siap Ramaikan Pasar Indonesia Mulai 27 Maret 2018!

Huawei akan membekalkan teknologi fingerprint di layar dalam Huawei Mate 20 dengan memanfaatkan sensor yang dibuat oleh Qualcomm. Sementara itu Qualcomm sendiri diketahui cukup lama memperkenalkan sensor tersebut tepatnya pada tahun 2017 silam. Hanya saja perusahan chip tersebut baru akan menerapkannya pada perangkat mobile secara komersial di pertengahan tahun 2018. Sensor fingerprint layar besutan Qualcomm ini kabarnya lebih mahal 3x lipat dibandingkan sensor fingerprint kapasitif biasa akan tetapi lebih tipis hingga 0.44 mm.

Usut punya usut sensor fingerprint dilayar buatan Qualcomm ini sendiri mampu bekerja dibawah lapisan kaca hingga ketebalan mencapai 800μm dan bahkan hingga 1200μm. Hal itu berbeda jauh dari sensor fingerprint kapasitif biasa yang mampu bekerja dengan ketebalan layar kaca antara 200μm dan 300μm saja. Huawei Mate 20 ini tentunya siap menjadi flagship andalan baru perusahaan di tahun 2018 ini.

Sensor Under Display Qualcomm
Copyright ©Net

Bukan hanya itu saja, beredar pula kabar yang mengungkapkan bahwa beberapa vendor smartphone dari negeri Tirai Bambu enggan untuk meniru sensor Face ID yang diterapkan pada iPhone X oleh Apple. Pasalnya harga sensor tersebut terbilang cukup tinggi yakni mencapai USD 160. Tentunya secara signifikan harga komponen tersebut akan berpengaruh kepada harga jual perangkat yang ditawarkan kepada konsumen di pasaran. Tak sedikit para pecinta gadget yang menantikan teknologi kolaborasi Huawei dan Qualcomm dalam Huawei Mate 20 ini.

Baca Juga Setdah, Huawei P20 Pro Akan Dijejali Kamera Leica 40MP dan Kamera Selfie 24MP

Huawei juga dikabarkan akan mencoba untuk meluncurkan smartphone dengan pemindai wajah menyerupai Face ID di pasar Tiongkok. Hal ini memang sengaja dilakukan untuk mengukur tingkat keinginan konsumen dan juga menghindari resiko kegagalan di pasar. Namun akan ada model lain yang diluncurkan di pasar luar Tiongkok namun dengan sensor fingerprint di layar yakni Huawei Mate 20.

Dengan demikian biasa jadi Huawei Mate 20 sendiri akan menjadi smartphone flagship pertama Huawei yang didukung sensor fingerprint didalam layarnya dimana akan debut secara global. Hal tersebut memang belum mendapatkan konfirmasi dari perusahaan untuk itu kita nantikan saja kabar kelanjutannya.

Baca Juga Huawei MateRS Porsche Design Dikonfirmasi Usung Storage Jumbo 512 GB!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here