Penyingkat URL goo.gl Segera Ditutup, Google Sarankan Layanan Baru Ini

0
767
Google goo.gl
Copyright ©techworm

Layanan Penyingkat URL Baru Google Lebih Modern dan Kaya Fitur

Oketekno.com – Jika kita sudah bergelut dalam dunia Internet, tentu sudah pernah menemukan alamat website atau biasa dikenal dengan URL yang sangat panjang bukan? Nah, untuk mempersingkat link tersebut, kita bisa menggunakan salah satu layanan Google yang bernama URL goo.gl.

Akan tetapi sayang, usia dari layanan tersebut tidak bisa bertahan lebih dari satu dekade. Hal ini dikarenakan pihak Google telah memberikan pengumuman kalau layanan ini segera ditutup dalam waktu dekat.

Simak Nih: Versi Mobile Gim Marvel Strike Force Resmi Diluncurkan

Melalui pengumuman yang telah dituliskan oleh pihak Google pada blog resminya, penutupan layanan goo.gl ini baru akan mulai dihapus pada tanggal 13 April 2018 mendatang dan perusahaan asal Amerika Serikat ini juga menyarankan kepada seluruh penggunanya supaya tidak menggunakan lagi layanan ini setelah tanggal tersebut.

Google goo.gl
Copyright ©techworm

Nah, untuk pengganti dari layanan ini pihak Google tengah menyiapkan sebuah layanan terbaru yang bernama Firebase Dynamic Links alias FDL. Raksasa internet Dunia ini juga telah memberikan penjelasan kalau layanan terbarunya tersebut mampu menawarkan fitur yang lebih beragam dan lebih baik jika dibandingkan dengan goo.gl.

Ketahui Yuk: Cara Hack Wifi Disekitar Untuk Internetan Gratis

“Mulai 13 April 2018, pengguna tidak akan dapat membuat tautan pendek baru melalui layanan goo.gl” seperti itulah yang dituliskan oleh Software Engineer Firebase bernama Michael Hermanto pada blog resmi milik Google.

Meski begitu, link yang telah diperpendek dan tersebar luas sebelumnya bukannya sudah tidak bisa digunakan lagi melainkan mereka alias viewers masih tetap bisa klik dan menuju link yang dimaksudkan dengan mudah dan cepat. Hal ini dikarenakan layanan goo.gl masih akan tetap dikelola hingga tahun 2019 mendatang.

Akan tetapi pihak Google masih memberikan rekomendasi agar para penggunanya beralih menggunakan layanan FDL yang lebih baru dan berkualitas tersebut.

“Setelah 30 Maret 2019, semua tautan akan terus dialihkan ke tujuan tautan yang dimaksud. Tautan singkat Anda yang sudah dibuat tidak akan dimigrasikan ke layanan Firebase. Namun, Anda akan dapat mengekspor informasi tautan Anda dari konsol goo.gl” penjelasan yang diberikan oleh Michael.

baca juga: Fitur Bokeh Instagram Sudah Bisa Dinikmati Oleh Para Penggunanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here