Dapat Missed Called Dari Luar Negeri, Begini Himbauan Kemkominfo!

0
930
Missed Called Dari Luar Negeri
Missed Called Dari Luar Negeri Ilustrasi Copyright ©Liputan6

Jangan Ditelepon Balik Jika Dapat Missed Called Dari Luar Negeri

OKETEKNO.com – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkoninfo) mulai buka suara soal maraknya penipuan yang dilakukan melalui Missed Call dari Luar Negeri. Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo Noor Iza menghimbau masyarakat agar tidak menghubungi kembali jika mendapatkan Missed Called dari Luar negeri.

“Agar apabila ada telepon dari luar negeri yang sifatnya hanya memancing keingintahuan kita untuk menelepon kembali, jangan tekan nomor mereka yang missed call. Misalnya mereka menelepon hanya satu kring saja, berharap kita menghubungi kembali,” kata Noor Iza dilansir dari Liputan6 Senin, 2/4/2018.

Baca Juga: Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Nomor Asli, Melainkan dengan 3 Metode Ini

Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa pengguna seluler indonesia perlu mewaspadai jika penipuan ini men-charge panggilan dengan tariff internasional atau tariff premium call.

Untuk itu, pihaknya juga meminta agar pengguna selalu mencari tahu terkait nomor-nomor yang menganggu terutama yang datang dari luar negeri dengan sekali kring.

Beberapa hari belakangan memang sejumlah kasus terjadi kebingungan diantara netizen Indonesia lantaran banyak nomor luar negeri tak dikkenal dan melakukan panggilan tak terjawab atau missed call.

Baca Juga: Waduh, Suka Selfie Pakai Smartphone Bikin Lupa Ingatan?

Tak tanggung-tanggung, ternyata nomor misterius tersebut melakukan lebih dari 1 kali missed called dari luar negeri dengan asal yang beebeda-beda.

Setelah ramai kejadian missed called dari luar negeri ini dikeluhkan, pakar digital Forensik Ruby Alamsyah mengatakan bahwa teknik panggilan tersebut adalah scam alias upaya penipuan yang berasal dari negara asing layaknya Kongo dan Kenya.

Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa penipu tersebut akan terus-terusan menelepon ke nomor-nomor korban yang didapatkannya secara acak, bila korbannya terjebak dan melakukan panggilan balik, maka pulsa mereka pun akan tersedot.

Kasus missed called dari luar negeri ini pernah terjadi di Australia, menurutnya penipu bisa saja mendapatkan nomor telepon korban dari internet sebab ada saja orang yang ceroboh menuliskan nomornya di internet.

Dia mengungkap, bagaimana kurangnya kesadaran seseorang menuliskan informasi telepon di internet justru dapat membahayakan dirinya dan orang lain.

Baca Juga: Curiga Ada yang Nggak Beres? Ini Nih Aplikasi yang Bisa Memata-matai Seseorang di WhatsApp!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here