Amankah Saat Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Nyebur ke Air Laut?

0
1981
Samsung-Galaxy-S9
Copyright ©teknokita

Amankah Saat Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Nyebur ke Air Laut? Ini Penjelasannya!

Oketekno.com – Duo Smartphone flagship terbaru Samsung terlahir sebagai ponsel tahan air dan anti debu.  Tapi bagaimana jadinya jika ponsel pintar itu masuk ke air laut?

Seperti yang diketahui, Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus sudah memiliki standarisasi IP68 yang mampu membuat kedua ponsel itu tahan air, debu, hingga pasir. Tentu hal ini meningkatkan proteksi terhadap ancaman kerusakan yang dialami kedua ponsel itu.

Meski begitu, duo ponsel tersebut sangat tidak disarankan untuk berendam di air laut. Bukan tanpa alasan, sebab hal ini dikarenakan standar dari IP68 memang tidak mengakomodasi untuk melindungi Smartphone dari jenis benda cair tersebut.

BACA JUGA: Samsung Galaxy J8 dan Galaxy J8 Plus Akan Meluncur dengan Daya Baterai Berbeda!

Sementara itu Product Marketing Manager Samsung, Irfan Rinaldi mengatakan bahwa kandungan garam itulah yang jadi penyebab utama kenapa air laut bisa jadi ancaman cukup serius bagi keamaan dua ponsel jagoan milik Samsung, serta secara umum untuk smartphone dengan standardisasi IP68. “Jadi, di dalam port-port itu kan ada karet anti airnya, takutnya lama-lama garam bisa menggerus lapisan itu,” Kata Irfan.

Copyright ©CNET

“Garam itu kan halus banget, takutnya dia masuk ke port-port yang kebuka kemudian dia akan mengikis seal dari IP68 itu,” Kata Irfan menambahkan.

BACA JUGA: Samsung Notebook 3 dan Notebook 5 Meluncur Usung Chip Intel Gen-8, Harganya?

Kendati begitu, Irfan memberikan saran bagi pengguna Samsung Galxy S9 dan S9 Plus, yang memasukkan ponsel tersebut ke dalam air laut baik itu secara sengaja atau tidak sengaja. Ya, Irfan menyarankan untuk segera menyiram dengan air mengalir. “Kalau mau nekat, cemplungin aja, tapi dibilas lagi pake air mengalir,” pungkasnya.

Sekedar informasi, IP yang merupakan kependekan dari Ingress Protection, adalah satuan universal untuk mengukur ketahanan suatu perangkat mobile terhadap debu dan benda cair. Dengan adanya IP68 ini membuat kedua ponsel itu bisa tahan terhadap air tawar dengan kedalaman sampai 1,5 meter dalam waktu hingga 30 menit. Selain tahan air, ponsel yang memiliki sertifikasi IP68 juga tahan terhadap debu.

Sebelumnya Samsung telah menerapkan menerapkan standardisasi IP68 pada sejumlah lini produk posel pintarnya seperti Galaxy S7 dan S7 Edge, S8 dan S8+, serta Note 8.

BACA JUGA: Samsung Galaxy A6 dan Samsung Galaxy A6 Plus Pakai Chipset Berbeda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.