Ijin Edar Infinix Zero 5 di Indonesia Dibekukan Lantaran Curangi TKDN!

0
1632
infinix zero 5
Copyright ©mysmartprice

Smartphone Infinix Zero 5 Ditarik Dari Peredaran Pasar Indonesia!

OKETEKNO.COM – Nampaknya ketidakberuntungan saat ini tengah menimpa pabrikan smartphone asal Hong Kong yakni Infinix. Pasalnya beberapa waktu lalu sejumlah pengguna mengeluhkan bahwa smartphone Infinix Zero 5 yang dibeli di salah satu situs online kenamaan diketahui buatan Tiongkok alias ‘Made in China’ dengan kartu garansi Indonesia. Padahal seharusnya smartphone yang telah mengantongi sertifikasi TKDN harus dirakit didalam negeri dengan label nama dibuat di Indonesia. Kini ijin peredaran Zero 5 di tanah air pun dibekukan oleh Kominfo lantaran kedapatan telah berlaku curang.

Untuk diketahui berdasarkan ketetapan pemerintah Indonesia, smartphone dengan jaringan 4G LTE yang meluncur di tanah air harus mampu memenuhi syarat setidaknya 30 persen Tingkat Kandungan Dalam negeri (TKDN). Komponen pada smartphone tersebut dapat berasal dari berbagai sektor seperti pabrik perakitannya, aksesoris, packaging hingga aplikasi lokal yang dirakit di Indonesia. Sayangnya pabrikan Infinix bermain ‘nakal’ dengan mengakali TKDN untuk peluncuran Infinix Zero 5 di pasar domestik.

Baca Juga Infinix Zero 5 Curangi TKDN Indonesia?

Kabar terbaru yang ramai beredar kini pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia melalui siaran persn No.82/HM/KOMINFO/04/2018 telah resmi mencabut ijin edar serta membekukan sertifikasi untuk produk besutan Infinix dengan nomor model Infinix X-603-3G atau Infinix Zero 5 yang telah diberikan kepada PT. Bejana Nusa Agung.

Infinix Zero 5 dirilis
Copyright©howtotechnaija

Pencabutan ijin edar Infinix Zero 5 di Indonesia ini memang upaya tindak lanjut Kominfo dari laporan masyarakat terkait smartphone yang dibelinya di e-commerce Lazada Indonesia yang diketahui buatan China. Perangkat seluler Zero 5 bertipe X603 beredar di pasaran dengan distributor berdasar Berita Acara Klarifikasi Perdagangan Perangkat Telekomunikasi PT. Bejana Nusa Agung nomor 301/BA/KOMINFO/DJSDPPI.4/04/2018 tertanggal 3 April 2018.

Baca Juga Pekan Ini Kominfo Bakal Panggil Lazada Terkait Masalah  Infinix Zero 5 “Made in China”!

Dalam sertifikasi yang diberikan kepada PT. Bejana Nusa Agung tersebut, Infinix X603 atau Infinix Zero 5 diketahui hanya memiliki kemampuan teknologi 3G saja. Namun pada kenyataannya, di pasaran ditemukan bahwa smartphone Zero 5 juga memiliki kemampuan 4G LTE. Untuk itulah perangkat ponsel yang dijual di Lazada tersebut tidak sesuai persyaratan teknis sehingga PT. Bejana Nusa Agung harus menarik semua produk yang telah didistribusikannya ke pasaran dan melaporkan hasil kepada  Menkominfo.

Sementara itu harga Infinix Zero 5 yang dijual melalui Lazada dilepas dengan label harga Rp 3.5 jutaan per unit untuk varian RAM 6GB dan kapasitas internal 64 GB. Perangkat ini juga dibekali performa handal dari processor MediaTek Helio P25 berkecepatan 2.6 GHz dengan dibalut GPU Mali-T880. Perangkat juga mengusung dual kamera berkonfigurasi 12MP + 13MP dan didukung kamera depan 16 MP dalam bentang layar IPS seluas 5.98 inchi beresolusi Full HD.

Baca Juga Tiga Smartphone Infinix di Indonesia ini Sedang Diskon, Lebih Murah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here