Awas Ketipu! Ini Dia Fakta Dibalik Komentar #Aktif di Facebook Untuk Kembalikan Foto yang Hilang

0
2134
Facebook
Copyright ©Tempo

Tidak Ada Hubungannya Sama Sekali dan Itu Merupakan Postingan Hoax

Oketekno.com – Beberapa hari terakhir ini ditengah gencarnya permasalahan Cambridge Analytica yang dikabarkan akan berujung ke penutupan akun, banyak sekali pengguna Facebook lain yang juga turut meramaikannya dengan membagikan informasi Hoax. Mungkin kalian yang pernah menuliskan kata “#Aktif”, maka Anda adalah salah satu korban dari berita palsu tersebut.

Banyaknya korban yang masuk ke dalam jebakan ini disebabkan rasa khawatir yang sebenarnya itu tidak ada benarnya. Untuk postingan Hoax ini sendiri telah diunggah pada tanggal 22 April 2018 pada pukul 18.18. Dan menurut pemantauan dari team Oketekno, saat ini postingan tersebut sudah dibagikan ribuan kali, mendapatkan respon sebanyak 19.068, sedangkan komentarnya mencapai 35.785 dan semakin bertambah terus.

Simak Nih: FB Jelaskan Soal Kebocoran Data Pengguna ke DPR!

Dengan menggunakan “Facebook Indonesia”, para pengguna aplikasi FB telah di isukan kalau beberapa penggunanya tidak dapat melihat foto profilnya lagi alias menghilang.

Post Hoax
Copyright ©Oketekno

Dan pada postingan tersebut telah memberikan 3 opsi yang bisa mengembalikan foto profile tersebut. Pertama, pengguna harus menyukai (like) laman Facebook Indonesia. Kedua, membagikan postingan tersebut kepada 10 group yang kita gabung. Ketiga menuliskan #Aktif pada kolom komentar. Postingan ini diketahui telah diunggah oleh 2 akun berbeda, yaitu facebook Indonesia dan pengguna fb lite indonesia.

Ketahui Yuk: Indonesia di Urutan Ketiga dari Korban Pencurian Data FB, Berikut Tanggapan Kemkominfo

Padahal untuk permasalahan hilangnya foto profile ini tidak pernah eksis sebelumnya sehingga informasi ini bisa dipastikan tidak benar adanya. Selain itu, Facebook Newsroom yang selalu memberikan informasi resmi dan pasti mengenai layanannya dan juga akun resmi fb di Twitter juga tidak mengunggah apapun mengenai hilangnya foto.

Tidak hanya kali ini saja, kemarin lalu juga sempat ada unggahan yang berusaha membodohi para penggunanya dengan memerintahkan mengetik “#BFF” pada kolom komentar guna membuktikan apakah akun miliknya itu aman atau tidak dari pencurian data. Kalau memang warnanya hijau, maka sudah dipastikan informasi akun tetap aman.

Padahal, untuk kode tersebut memang ditujukan sebagai penulisan “Tex Delight” untuk menjadikan warna tulisan hijau sehingga tidak ada kaitannya sama sekali dengan bocor atau tidaknya informasi dari sang pengguna itu sendiri. Jadi, sebagai pengguna sosial media yang baik termasuk facebook, kita harus mengetahui dan mengorek lebih dalam informasi yang disebarkan terlebih dahulu sebelum bertindak dan mengkritik supaya tidak menjadi korban konten Hoax.

baca juga: Cara Menjaga Rahasia Kita dari fb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here