Seluruh Pengguna Twitter Diminta Ganti Password, Kenapa?

0
1308
Twitter Bug
Copyright ©Skilled Geekz

Ada Permasalahan Bug Sistem yang Tidak Cukup Membahayakan

Oketekno.comTwitter merupakan salah satu sosial media yang tidak kalah populernya dengan Facebook, banyak sekali informasi aktual yang bisa kita dapat melalui platform satu ini. Namun, baru-baru ini pihak pengembang telah memberikan notifikasi terhadap seluruh penggunanya dengan pernyataan yang cukup mengejutkan.

Dalam notifikasi tersebut telah tertuliskan sebuah kalimat terhadap masing-masing pengguna untuk mengganti password akun Twitter miliknya. Tentu dengan adanya pemberitahuan seperti ini sebagian besar penggunanya terkejut dan tanda tanya, ada apakah? Terlebih lagi belum lama ini Facebook terkena masalah penyalah gunaan data.

Simak Nih: Video Chat Instagram Resmi Diumumkan

Sebagaimana yang telah dilansir dari laman The Verge, ternyata pihak perusahaan telah menemukan suatu bug dalam sistem miliknya itu. Akan tetapi setelah dilakukan pemeriksaan tingkat lanjut, pihak Twitter tidak menemukan adanya kebocoran atau masalah serius yang berkenaan terhadap penyebaran password dan semacamnya atas kejadian bug tersebut.

twitter
copyright©Digital trends

Ya walaupun dianggap tidak berbahaya, pihak perusahaan tetap menyarankan kepada setiap penggunanya supaya mengganti password akun miliknya agar keamanan bisa lebih terjaga. Tidak hanya untuk akun Twitter saja, beberapa akun lainnya dari layanan pihak ketiga atau apapun yang menyangkut privasi dan menggunakan password sama, disarankan untuk diganti.

Ketahui Yuk: Berbagai Fitur Baru Instagram Tengah Jalani Masa Uji Coba, Apa Saja?

Pihak pengelola layanan twitter ini telah menyebut kalau bug ini terjadi karena adanya permasalahan dalam proses hashing dimana yang memiliki fungsi untuk melindungi kata sandi yang ada. Jadi, masalah tersebut telah mengubah proses hashing yang semestinya dilakukan menjadi sebuah karakter string acak dalam sistem Twitter.

Oleh karena itulah, password pengguna yang berwujud teks biasa dan tersimpan dalam log internal twitter tidak tertutup sehingga mudah untuk diketahui pihak ketiga. Selain itu, layanan microblogging ini sendiri juga telah mengungkapkan kalau dirinya telah menemukan suatu bug dan menghapus seluruh kata sandi yang disimpannya.

Memang sampai saat ini masih belum ada kejelasan dari pihak Twitter mengenai jumlah pasti yang terkena dampak bug ini. Namun jika dilihat hampir seluruh pengguna yang mendapatkan pemberitahuan tersebut, maka pengguna yang terkena dampaknya ini juga cukup besar pastinya.

baca juga: 2 Fitur Baru yang Siap Hadir di WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here