Keren! Fitur Baru Google Maps Bisa Tunjukkan Jalan Secara Nyata

0
5762
New on Google Maps
Copyright ©Technowize

Teknologi AR, Street View dan Sistem Navigasi Google Maps Digabungkan

Oketekno.com – Seperti yang telah kita tau bahwa perusahaan Google memiliki cukup banyak layanan yang sangat bermanfaat bagi setiap penggunanya. Salah satu contohnya yang mungkin paling sering digunakan yakni Google Maps, aplikasi ini bisa menjadi petunjuk arah kemanapun penggunanya mau pergi meski daerah tersebut belum pernah didatangi sebelumnya.

Nah, pada event Google I/O 2018 yang tengah digelar dan berakhir pada tanggal 11 Mei 2018 besok ini telah memperkenalkan berbagai macam fitur baru, salah satu diantaranya yaitu penambahan teknologi realitas tertambah atau mungkin biasa dikenal dengan Augmented Reality alias AR pada layanan Google Maps.

Simak Nih: Miliki Kecerdasan Buatan, Android P Mampu Hemat Baterai Hingga 30%

Dalam jangkauan luasnya, perusahaan Google telah menyebutkan kalau peta digital di masa mendatang akan lebih canggih dengan efek visual yang realistis atau mungkin bisa diistilahkan sebagai “Visual Positioning System”. Dengan adanya VPS ini nanti, AR, Street View dan juga sistem navigasi Google Maps akan menjadi satu membentuk suatu layanan yang super canggih.

Google Maps new Fitur Announce
Copyright ©The Server Side

Untuk VPS ini nanti akan mengekspansi fungsi standar GPS dan sensor kompas, serta membutuhkan lensa kamera Smartphone juga untuk melakukan identifikasi komponen visual yang ada di sekitar penggunanya. Dengan begini, maka navigasi melalui perangkat Smartphone akan terasa lebih nyata dan juga informatif pastinya.

Ketika system AR ini sudah di integrasikan dengan Google Maps, maka sang pengguna tidak akan disajikan pola garis flat dengan titik koordinat posisi di tempat lagi, melainkan kita akan disajikan sebuah gambar sebenarnya dan juga informasi detail mengenai tempat-tempat umum seperti restaurant, dan semacamnya di sepanjang rute.

Ketahui Yuk: Fitur Utama yang Dibawa Android P Beta Version

Sedangkan untuk navigatornya sendiri yaitu karakter animasi yang menggemaskan. Dengan begini, sang pengguna serasa dituntun oleh makhluk nyata menuju ke tempat yang kita inginkan. Begitulah informasi yang tersampaikan melalui laman AndroidPolice.

Sebenarnya untuk sistem ini sudah dikenalkan oleh Google pada saat event besar Google I/O 2017 silam. Akan tetapi pada saat itu hanya perangkat Tango saja yang dapat mencobanya dan jangkauan area-nya juga terbatas indoor saja. Namun, VPS 2.0 yang dihadirkan pada Google Maps ini nanti sifatnya mendunia sehingga semua pengguna Android juga dapat merasakan fitur tersebut.

Akan tetapi untuk jadwal penggulirannya sendiri masih belum jelas, namun salah seorang perwakilannya telah menyebut kalau fitur AR pada Google Maps ini akan dihadirkan beberapa bulan kedepan. So, kita nantikan saja informasi berikutnya ya.

baca juga: Fitur Baru yang Segera Hadir Untuk Google Assistant

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here