Waduh, Whatsapp Dijadikan Alat Pengaruhi Pemilu?

0
2214
Copyright ©Express

Whatsapp Jadi Alat Pengaruhi Pemilu di India

oketekno.com – Seperti di Indonesia, aplikasi chating Whatsapp juga sangat inten digunakan oleh warga India. Layanan pesan instant tersebut menjadi sebuah media atau alat komunikasi para warga secara peer to peer saja.

Namun saking banyaknya pengguna, saat ini aplikasi Whatsapp juga menjadi sebuah panggung politik baru lho di India, dimana aplikasi ini memiliki peranan yang cukup penting untuk mempengaruhi pemilu negara bagian.

Baca juga: Asyik! Kini WhatsApp Bisa Langsung Putar Video dari Instagram dan Facebook

Aplikasi cahting ini memang banyak sekali digunakan pada negara berkembang, dan banyak yang menyebutkan jika memiliki peranan penting dalam melakukan kampanye digital jika dibandingkan aplikasi pesan instant lainnya.

Dan salah satu buktinya dalam kontestasi Pemilu negara bagian Karnataka, India pada 12 Mei 2018 kemarin. Dimana, intensitas kampanye orasi yang biasanya dilakukan di sepanjang jalan, kini telah berpindah pada grup Whatsapp.

Copyright ©Express

Meskipun telah di ikuti oleh beberapa partai, namun masih ada 2 partai besa di Karnataka yaitu  Indian National Congress(Congress) sebagai partai sekuler, dan  Partai Bharatiya Janata (BJP) yang lebih berorientasi ke Hindu.

Baca juga: 2 Fitur Baru yang Siap Hadir di WhatsApp

Bahkan salah satu kader muda dari BJP yang bernama Pranav Bhat (18) mengakui, jika dirinya menggunakan Whatsapp untuk berhubungan dengan 60 pemilih. Kepada mereka, Mahasiswa tersebut menggebar sebuah pesan singkat yang berisi sebuah kritikan dari pemerintah yang dikuasai oleh Partai BJP.

Menurut Bhat, aplikasi chating ini menjadi sebuat alat kampanye digital favorit, pasalnya begitu minim pengawasan jika dibandingkan dengan induk atau saudaranya yakni Facebook maupun Instagram yang lebih familiar.

Whatsapp juga dianggap lebih intim dan personal, tidak seperti dua aplikasi saudaranya yang lebih bersifat publik. Dan beberapa fitur dari aplikasi chating ini juga memiliki potensi dalam menyebarkan informasi salah sehingga banyak di salahgunakan.

Baca juga: Cara Menyadap WhatsApp Pacar dengan Komputer, 100% Berhasil dan Pasti Aman!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here