Kualitas Kamera Xiaomi Mi 8 Setara dengan Galaxy S9+, Ini Kata DxOMark!

0
691
Copyright ©GSMArena

Berada di Posisi Keempat Terbaik di Dunia dengan Skor 99

Oketekno.com – Dari acara perayaan Xiaomi 8th kemarin memang telah banyak momen-momen keren, apalagi waktu pelucuran perangkat Smartphone spesialnya yang bernama Xiaomi Mi 8 telah diperkenalkan langsung oleh Lei Jun. Saat sesi presentasi tersebut banyak fitur unggulan yang diperkenalkan, mulai dari sisi desain, spesifikasi, hingga performa kameranya.

Dari berbagai pembahasan yang telah diungkap, salah satunya yang menarik untuk diulas lebih lanjut yaitu mengenai performa kamera dari Xiaomi Mi 8 yang mampu menembus pengujian DxOMark. Lei Jun telah menunjukkan kalau perangkat Smartphone premium generasi terbarunya kali ini telah berhasil untuk meraih skor 99 poin.

Simak Nih: Smartphone Pertama dengan Pemindai Wajah 3D Resmi Diluncurkan, Berikut Harganya!

Akan tetapi kalau dipisah, maka skor yang dihasilkan oleh kamera Xiaomi Mi 8 ini yaitu sebesar 105 poin untuk uji coba pemotretan, sedangkan untuk pengujian dalam kemampuan perekaman video hanya mampu mendapatkan skor sebesar 88 poin saja.

DxOMark Xiaomi Mi 8
Copyright ©DxOMark

Dengan begitu perangkat Smartphone Xiaomi Mi 8 ini berada pada posisi yang sejajar dengan Samsung Galaxy S9+ yang mana untuk skor DxOMark-nya sama, akan tetapi untuk Smartphone flagship terbaru besutan Samsung ini telah mendapatkan skor 91 poin dalam uji coba perekaman video, akan tetapi untuk uji coba mengambil gambar alias foto hanya dapat nilai 104 Poin saja.

Ketahui Yuk: Tidak Bakal Ada Xiaomi Mi A2, Tapi…

Seperti yang telah dibahas sebelumnya kalau perangkat Smartphone Xiaomi Mi 8 ini juga memiliki setup dual kamera dan masing-masing lensa terdiri dari 12MP, lensa pertama memiliki aperture f/1.8 1.4 µm Pixel Size, OIS dan dual Pixel PDAF, sedangkan untuk kamera sekunder memiliki bukaan f/2.4, zoom optic 2x serta kemampuan dual pixel PDAF juga.

Selain itu lembaga DxOMark juga telah memberikan penilaian kalau pembesaran 2x yang dimiliki oleh Xiaomi Mi 8 ini memang cukup bagus, akan tetapi tidak sekeren Smartphone flagship lain yang memiliki lensa telephoto. Namun, Mi 8 mampu menangkap foto yang jelas dengan jarak pengambilan gambar dinamis yang baik dari berbagai skenario, termasuk dalam kondisi low-light sekalipun.

Xiaomi Mi 8 Fring color
Copyright ©Oketekno via DxOMark

Sedangkan untuk kelemahan dari lensa kamera Xiaomi Mi 8 ini yaitu saat digunakan untuk mengambil gambar adalah hilangnya detail meski di siang hari sekalipun. Terdapat inkonsistensi kecil pada autofocus-nya, White Balance serta deteksi kedalamannya untuk mode bokeh. Dan permasalahan yang paling menonjol adalah adanya fringing warna.

Lalu saat digunakan dalam perekaman video, lembaga DxOMark menyatakan kalau Xiaomi Mi 8 memiliki autofocus dalam waktu super cepat dan mengesankan, pelacakan fokusnya juga tepat, rentang pengambilannya luas dan tingkat noise rendah. Akan tetapi ada permasalahan pada White Balance, kehilangan detail serta ketajamannya tidak bisa konsisten.

baca juga: Bakal Dijual Murah, Xiaomi Mi 8 SE Hadir dengan Snapdragon 710

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here