Perlahan Tinggalkan Port Lightning, iPhone 2019 Bakal Adopsi Port USB-C

0
943
iPhone X Port
Copyright ©Mashable

Apple Butuhkan Waktu Pengembangan yang Cukup Lama Untuk Menyelesaikannya

Oketekno.com – Seperti yang telah kita ketahui selama ini bahwa perangkat Smartphone iPhone selalu hadir dalam penerapan konsep desain dan spesifikasi yang berbeda jika dibandingkan dengan Smartphone lainnya. Hal ini dikarenakan pihak Apple ingin benar-benar menjamin keamanan dari data setiap penggunanya.

Mulai dari chipset hingga sistem operasi yang dijalankan, Apple selalu memproduksinya sendiri, mungkin ada beberapa Smartphone iPhone yang hadir dengan chipset berbeda, hal ini dikarenakan memang terpaksa dilakukan oleh perusahaan asal Amerika Serikat ini untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus bertambah banyak.

Simak Nih: Apple Rilis Memoji Untuk Jawab Persaingan AR Emoji Samsung

Dari sekian banyak ciri khas dari perangkat Smartphone iPhone, salah satu yang paling terlihat adalah port yang biasa digunakan untuk transfer data maupun pengisian baterai. Jika pada umumnya perangkat Smartphone hadir dengan port USB, maka Smartphone besutan Apple ini membawa Lighning port.

Apple USB
Copyright ©CNET

Akan tetapi sepertinya perusahaan Apple akan melakukan perombakan pada perangkat Smartphone terbarunya akan hadir membawa port USB-C dalam beberapa bentuk. Rencananya, iPhone dengan penerapan spesifikasi seperti ini bakal hadir di tahun 2019 mendatang.

Ketahui Yuk: Apple Klaim Performa iPhone Lawas 2x Lebih Cepat dengan iOS 12

Salah satu vendor IC analog telah memberikan pernyataan kepada Digitimes bahwa perusahaan Apple saat ini tengah sibuk untuk melakukan perubahan terhadap pengisi daya dan antarmuka mengenai perangkat Smartphone iPhone dan iPad 2019. Mengapa tidak dihadirkan di tahun ini saja? Jawabannya yakni masih belum memungkinkan, hal ini lantaran port USB-C yang tengah digarap oleh Apple ini masih dalam tahap redesign.

Selain itu, penerapan port USB-C ini pada Smartphone iPhone 2018 dirasa juga tidak mungkin sebab waktu senggang yang dimiliki juga tidak terlalu banyak, sedangkan untuk perkembangan yang dibutuhkan untuk perubahan ini sendiri juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun sayangnya untuk laporan tersebut tidak membahas secara detail mengenai USB-C yang akan digunakan pada kedua ujung kabel iPhone ini nantinya, apakah hanya akan memiliki kabel yang mana termasuk pengisian daya atau dihubungkan ke perangkat lainnya. Perlu diketahui bahwa tujuan Apple untuk melakukan perubahan ini salah satunya yakni untuk mendapatkan dukungan dan perizinan aksesori lebih mudah.

baca juga: Terungkap! Ini Dia Usaha Apple Untuk Hadirkan Produk yang Lebih Murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.