Chipset Exynos 9820 Tengah Digarap Samsung, Kehadirannya Masih Misterius!

0
968
samsung exynos processor
Copyright ©AndroidAuthority

Chipset Exynos 9820 dengan GPU Mongoose 4 Disiapkan!

OKETEKNO.COM – Sejumlah vendor smartphone memang telah memiliki divisi khusus pengembangan SoC yakni pabrikan Huawei dan Samsung. Kabarnya Samsung saat ini tengah menggarap SoC terbaru yang akan hadir dengan nama Exynos 9820. Usut punya usut chipset ini akan dibangun dengan menggunakan teknologi pemrosesan FinFET 7nm. Bukan hanya itu saja SoC tersebut juga diperkirakan akan disokong dengan CPU terbaru yaitu Samsung Mongoose 4 (M4) yang tentunya memiliki kemampuan lebih optimal.

Kabar ini sendiri diungkap oleh salah satu akun tipster teknologi kenamaan yakni Ice Universe dalam Twitter akun @UniverseIce yang mengungkapkan bahwa Mongoose 4 disebut akan lebih kuat dari ARM Cortex-A76 bahkan juga lebih hemat daya. Sementara itu seperti diakui oleh ARM Sendiri, CPU Cortex-A76 sendiri menawarkan clock speed mencapai 3.30 GHz dan tentunya chipset Exynos 9820 dengan Mongoose 4 ini akan memiliki top speed yang berada diatas angka tersebut.

Baca Juga HMD Global Segera Luncurkan Nokia Android dengan Chip Snapdragon 710

Oleh sebab itu pihak Ice Universe sendiri mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mengharapkan bahwa Exynos 9820 mampu meraih skor benchmark multi-core dalam Geekbench diatas angka 13000 poin. Dan jika perkiraan tersebut benar maka pencapaian SoC anyar Samsung tersebut akan setara dengan SoC besutan Apple yaitu Apple A12 yang tercatat telah melalui tes benchmark yang sama di bulan Mei lalu.

Chipset Exynos 9820
Copyright ©Twitter @UniverseIce

Kabar yang beredar juga menyebutkan bahwa Samsung memproduksi dan mendesain chipset Exynos 9820 itu sendiri sebagai chipset mobile terbaru andalannya. Sementara chip A12 sendiri dirancang Apple dan saat ini tengah dalam tahap produksi secara massal oleh TSMC dibangun dengan teknologi pemrosesan 7nm. Hanya saja yang menarik adalah bahwa chip Apple A12 sendiri saat ini mengkonsumsi 23 persen lebih banyak energi daripada yang diharapkan sebelumnya.

Hal itu tenntunya menjadi sebuah dilema yang memang harus dipecahkan oleh vendor yang berbasis di Cupertino tersebut sebelum chipset Apple A12 diimplementasikan dalam tiga model iPhone terbaru yang kabarnya akan diperkenalkan di penghujung tahun 2018 ini. Tentunya pihak Apple harus dapat mengatasi hal itu jika tidak ingin mendapatkan keluhan dari para pengguna iPhone di masa mendatang. Lantas bagaimana dengan Exynos 9820 ini?

Baca Juga Qualcomm Gandeng Perusahaan Teknologi Untuk Kembangkan Jaringan

Untuk SoC terbaru besutan Samsung ini sendiri tak perlu berharap bahwa Exynos 9820 dengan CPU Mongoose 4 akan dihadirkan dalam smartphone anyar yang rilis di tahun 2018 ini. Setidaknya chipset tersebut kemungkinan akan diimplementasikan pada perangkat hingga model ulang tahun ke-10 Samsung Galaxy yakni Samsung Galaxy 10. Kemungkinan besar vendor asal Korea Selatan ini juga akan menghadirkan chipset terbaru ini dalam Samsung Galaxy X yang merupakan smartphone foldable yang dapat dilipat yang diperkirakan melenggang di ajang MWC 2019 di Barcelona mendatang.

Terlepas dari chipset Samsung Exynos 9820, perlu diketahui pada paruh kedua tahun 2018 ini sendiri sang vendor dikabarkan akan meluncurkan amunisi baru yakni Samsung Galaxy Note 9. Selanjutnya di awal tahun 2019 mendatang atau dalam pagelaran CES 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat sang vendor akan memperkenalkan generas penerus Samsung Galaxy S9 yakni Galaxy S10. Selanjutnya di pagelaran MWC 2019 mendayang dirumorkan akan menjadi awal debut Samsung Galaxy X dengan layar dapat dilipat. Kita nantikan saja kabar terbarunya.

Baca Juga Chipset A12 Siap Jadi yang Terbaik, Lebih Cepat dengan Daya Lebih Efisien

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here