Miliki Performa Luar Biasa, Ini Dia SuperKomputer Terbaik di Dunia

0
899
Summit 2
Copyright ©Viva

Ada Dua Super-Komputer yang Siap di Jual Melalui Jalur Online di Tahun Ini

Oketekno.com – Baru-baru ini perusahaan IBM dan Departemen Energi Oak Ridge National Laboratory telah menunjukkan perangkat SuperKomputer ilmiah yang benar-benar jauh dibatas normal. Mereka telah mengatakan kalau perangkat yang dinamakan Summit ini telah menjadi SK paling canggih dan terkuat di seluruh penjuru Dunia.

Sebagaimana yang telah diungkap langsung oleh IBM bahwa kemampuan olah data yang mampu dilakukan oleh Summit ini yaitu mencapai 200.000 Quadrilluon kalkulasi per detik. Misalnya saja kalau manusia yang berada di Bumi telah melakukan kalkulasi per detik, maka akan membutuhkan waktu hingga 305 hari, akan tetapi Komputer ini mampu menyelesaikannya hanya dalam waktu sedetik saja.

Simak Nih: Acer Resmi Umumkan 2 PC Gaming Terbaru Predator Orion Series

Kalau memang perkiraan ini tepat, maka Summit nantinya akan menjadi superkomputer paling cepat generasi kedua di Dunia yang akan mengambil alih perangkat sebelumnya yang telah diraih juga oleh IBM sejak tahun 2012.

Summit 1
Copyright ©iTech

Perlu diketahui bahwa untuk perancangan dari Superkomputer Summit ini sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu untuk penanaman fitur yang benar-benar impresif. Untuk sebuah unit superkomputer ini telah dilengkapi dengan 4.608 server komputasi, 22 chip IBM Power9 serta 6 buah VGA Card Nvidia Tesla V100 dengan mesin yang lebih dari 10 petabytes memori.

Seperti yang telah diuji oleh Nvidia, mesin ini memang di ciptakan untuk mempelajari dan mengembangkan kecerdasan buatan seperti Artificial Intelligence/AI dan Machine Learning/ML. Selain itu, Summit nantinya juga akan digunakan sebagai riset energi dan proyek ilmiah lain yang akan dijalankan di kota Oak Ridge.

Ketahui Yuk: Huawei Matebook X Pro Resmi Dipasarkan dengan Bodi Super Tipis!

Digital Trends telah memberikan informasi kalau IBM memang telah menjadi kontraktor umum di Departemen Energi untuk menciptakan SuperKomputer Summit. Akan tetapi proyek ini sendiri juga telah mendapatkan suntikan dana dari berbagai mitra industri teknologi lainnya.

Salah satu perusahaan yang ikut serta mengembangkan Summit adalah Nvidia. Sebagai salah satu pengembang kartu grafis kelas atas yang lebih cenderung memenuhi kebutuhan gaming dan mining. Selain itu, ada perusahaan sistem jaringan Mellanox dan perusahaan open source software Redhat yang turut memberikan dukungan.

Tidak hanya Summit, kabarnya ada Superkomputer lain bernama Sierra yang dikembangkan dan kini telah digunakan di laboratorium Lawrence Livermore National Laboratory. Akan tetapi performanya hanya 125 petaflops. Dan kedua Superkomputer ini telah dikabarkan kalau akan dijual secara online pada tahun ini.

baca juga: Laptop gaming acer predator helio 500 meluncur di indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here