Google Bakal Update Seluruh Aplikasi Play Store Untuk Memastikan Keamanannya

0
1744
Android Malware
Copyright ©TechSpot

Setelah Update, Bisa Membuat Fungsi Aplikasi Tidak Lebih Baik Dibanding Versi Lama

Oketekno.com – Untuk membuat para pengguna betah dan nyaman untuk menggunakan berbagai layanan besutannya, perusahaan Google terus melakukan pembaruan. Salah satu yang menjadi fokus utamanya adalah mengenai sistem keamanan metadata.

Nah, belum lama ini perusahaan yang bermarkas pusat di Amerika Serikat ini telah melakukan perubahan kecil, meski begitu untuk perubahan tersebut akan bermanfaat bagi setiap pengguna Android dikarenakan keamanan metadata versi terbarunya kali ini akan ditanamkan di seluruh jenis aplikasi Android versi terbaru.

Simak Nih: Buka Aplikasi dan Akses Fungsi Sistem dengan Cepat Hanya Sekali Sentuh, Begini Caranya!

Perlu diketahui bahwa untuk pemberian fitur keamanan terbaru kali ini digunakan untuk memastikan kalau seluruh aplikasi yang terdapat di Google Play Store memiliki status terdaftar dan berasal dari sumber yang terpercaya. Tidak hanya ketika terhubung dengan jaringan internet saja, proses pelacakan autentifikasi data ini bisa dilakukan meski penggunanya sedang tidak terhubung dengan jaringan internet sekalipun.

Add DRM to Play Store
Copyright ©Digital Trends

“Nantinya untuk aplikasi yang didapatkan dari kanal distribusi yang telah disetujui Play (Store), kami akan bisa menentukan autentikasi aplikasi ketika perangkat offline, menambahkan aplikasi yang dibagikan ke pustaka Play Store, dan mengatur pembaruan aplikasi perangkat ketika sudah kembali online,” seperti itulah ungkapan dari Google dalam blog resminya.

Ketahui Yuk: 5 Aplikasi Video Editor Bagus Untuk Smartphone, Coba Yuk!

Untuk metadata ini nantinya akan terpasang di APK terbaru atau biasa disebut dengan Android Signatur Scheme. Dengan begini nantinya akan ditambahkan sebuah persyaratan kalau metadata tersebut harus ada di setiap aplikasi yang terpasang. Untuk metadata ini sendiri nantinya akan memberikan pengendalian terhadap para pengembang aplikasi mengenai bagaimana dan kapan aplikasi tersebut digunakan.

Dengan kata lain, sistem dari Google ini memiliki fungsi untuk membuat DRM alias manajemen hak digital. Berkat adanya sistem tersebut, para pengguna dapat melindungi berbagai produk digital yang memiliki hak cipta dengan cara memberikan batasan akses terhadap penggunanya.

Intinya adalah sistem terbaru dari Google ini akan mempersulit proses pemasangan aplikasi palsu dan berbahaya untuk membuat perangkat pengguna lebih aman dari berbagai ancaman. Lalu bagaimana dengan Anda sendiri, apakah setuju kalau pemaksaan penambahan DRM ini dilakukan oleh Google untuk membuat perangkat lebih aman namun bisa saja fungsi aplikasi tidak lebih baik dibanding sebelum update?

baca juga: 6 Aplikasi yang Sempat Populer Tapi Kini Sudah Meredup, Mana Favorit Kalian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.