Memori Internal Smartphone Penuh dan Kinerjanya Lemot? Begini Solusi Terbaiknya!

0
521
Copyright ©BounceGeek

Cara Mengatasi Memori Penuh dan Kinerjanya Lambat Bukan Karena Banyak Aplikasi

Oketekno.com –  Smartphone di zaman sekarang sudah seperti perangkat yang wajib dibawa kemana saja perginya, hal ini lantaran memang banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh perangkat elektronik canggih satu ini. Akan tetapi kalau terlalu sering bisa menjadi kecanduan dan bisa membawa dampak buruk bagi kehidupan.

Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang dampak buruk Smartphone bagi kehidupan guys, melainkan memberikan solusi terbaik untuk kalian yang tengah mengalami masalah memori penuh padahal aplikasi yang terpasang hanya beberapa saja.

Bukan hanya file foto, video maupun beberapa jenis file lain yang bisa penuhi kapasitas penyimpanan Smartphone, melainkan masih ada Cache default yang akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Oleh karena itulah kalian perlu menerapkan Cara Mengatasi Memori Penuh Karena Cache berikut ini.

Simak Nih: Cara Mudah Tingkatkan Performa Windows 10 yang Lemot

Cara Mengatasi Memori Penuh Karena Cache

Memang sudah ada aplikasi bawaan yang dapat membersihkan cache, akan tetapi mungkin itu masih belum memuaskan bagi Anda karena dirasa ada beberapa yang masih tertinggal. Jika demikian, kalian perlu download aplikasi App Cache Cleaner di Google Play Store.

Cara Mengatasi Memori Penuh Karena Cache 1
Copyright ©Oketekno

Setelah terpasang, maka langkah berikutnya yakni buka aplikasinya. Dan klik start untuk mulai melakukan scanning cache yang ada di Android.

Ketahui Juga: Cara Kembalikan Performa iPhone Lemot Seperti Baru Lagi

Jika sudah selesai maka berbagai informasi mengenai aplikasi apa saja yang memiliki cache lengkap beserta kapasitas cache-nya akan muncul. Disini kalian bisa pilih sendiri mana yang ingin dihapus dan mana yang ingin dipertahankan. Akan tetapi untuk memperlancar sebaiknya hapus seluruhnya dengan klik Clear All.

Copyright ©Oketekno

Inilah perbandingan kapasitas penyimpanan internal Smartphone sebelum dan sesudah dibersihkan. Tampak jelas lebih besar kan guys?

Baca Yuk: Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kita bisa menggunakan fitur Frequency sehingga tidak perlu repot-repot lagi tuh menghapus cache manual karena aplikasi ini akan lakukan hapus cache otomatis dalam waktu yang ditentukan di menu pengaturan Settings. Misal 6 menit sekali, 1 jam, 6 jam, hingga 7 hari sekali.

Copyright ©Oketekno

Tidak hanya dapat memori internal yang lebih besar guys, dengan membersihkan cache juga bisa menjadikan Smartphone kita lebih lancar lagi.

Seperti itulah guys Cara Mengatasi Memori Penuh Karena Cache yang bisa kalian coba terapkan sendiri pada perangkat Smartphone kalian masing-masing. Selamat mengikuti ya!

baca juga: 5 Cara Mengatasi Android Lemot dengan Cepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here