Waspadalah, Ponsel Android Murah Rawan Jual Data Pengguna!

0
1239
Copyright ┬ęTribunnews

Ponsel Android Murah di Asia Terciduk Jual data Pengguna

Oketekno.com – Berhati-hatilah bagi anda yang suka membeli smartphone android dengan harga murah. Hal ini dikarenakan Wall Street Jurnal baru saja menemukan fakta sebuah merek Ponsel Android Murah menjual data pengguna ke pihak lain.

Ponsel tersebut bernama Singtech P10 yang diketahui telah dijual di Pasar Asia, khususnya di Kamboja dan juga Myanmar. Ponsel Android Murah tersebut rupanya mengumpulkan data pengguna lalu menjualnya pada sebuah agensi iklan General Mobile Corp (GMobi) yang berbasis di Taiwan.

Baca juga: Vivo X21i Night Purple Resmi Dirilis, Manjakan Penyuka Warna Ungu!

“GMobi yang berbasis di Taiwan ini memiliki cabang di Shanghai dan mengatakan mereka menggunakan data tersebut untuk kepentingan iklan. Data pengguna ini terkadang juga dibagikan pada vendor ponsel untuk digunakan sebagai acuan dalam membuat perangkat,” ungkap laporan Wall Street Journal seperti dikutip dari laman Kompastekno.

Copyright ┬ęTribunnews

Ponsel Android Murah rupanya telah mengumpulkan berbagai data pengguna mulai dari nomor IMEI, lokasi, hingga data lain dan setelah itu dikirimkan ke server GMobi yang ada di Singapura. Dan data tersebutlah yang nantinya digunakan untuk kepentingan Iklan.

Baca juga: Duo Samsung Galaxy J8 dan Galaxy A8 Star Segera Masuk Indonesia?

Untuk cara dari pihak GMobi ini mengumpulkan data ialah melalui aplikasi yang sudah di install secara default dalam ponsel tersebut. Meski banyak sekali aplikasi serupa yang kerap mengumpulkan data pengguna, namun cara kerja dari aplikasi GMobi ini berbeda.

Aplikasi GMobi ini tak bisa dihapus dari Ponsel Android Murah tersebut dengan cara biasa, berbeda dengan aplikasi lain yang bisa langsung dihapus oleh pengguna. Dan pada halaman resmi GMobi sendiri tercatat ada klien besar seperti Xiaomi maupun Huawei, namun jenis kerjasama apa yang mereka jalani tidak diketahui.

Kasus pencurian data saat ini memang sangat rawan terjadi dan menjadi sorotan public, hal ini dimulai sejak terbongkarnya skandal Cambridge Analytica yang melibatkan social media Facebook lalu.

Baca juga: Android Go Samsung Peroleh Sertifikasi Wi-Fi Alliance, Kapan Rilis?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.