Viral Smartphone Android Bakal Berbayar, Apa Penyebabnya?

0
1212
Copyright ©Google

Kabar Smartphone Android Bakal Berbayar Dampak Dari Denda yang Diberikan Oleh UNI Eropa Pada Google?

Oketekno.com – Belakangan ini, netizen sedang diramaikan dengan pemberitaan soal Smartphone Android yang bakal berbayar. Jika memang benar adanya, maka para pengguna bakal dihadapkan dengan masalah baru karena sebelumnya mereka sudah nyaman dengan konsep open source yang diterapkan sebelumnya.

Sejatinya, hal ini merupakan sebuah gertakan dari Google selaku pemilik platform Android terhadap keputusan dari Uni Eropa belakangan ini. Dampak dari keputusan tersebut telah memaksa Google tidak membundel aplikasi Chrome dan pencariannya di Android.

Baca juga: 6 Game Offline Terbaik dengan Grafis Tinggi dan Paling Seru di Android

Dan hal inilah yang kemungkinan akan memiliki beberapa implikasi pada masa depan model bisnis gratis yang dilakukan pada Smartphone Android. Terkait masalah ini, Sundar Pichai selaku CEO Google memberikan tanggapan melalui blog resminya.

Copyright ©Google

Pichai pun memberikan tanggapan perusahaan terkait denda yang dikenakan UNI Eropa kepada mereka senilai USD 5 Miliar. Ia menyoroti fakta yang ada di lapangan, dimana pengguna smartphone android akan menginstal sekitar 50 aplikasi sendiri dan menghapus aplikasi bawaan. Namun jika Google mencegah hal tersebut tentu hal ini bisa menceghah ekosistem dari Smartphone Android itu sendiri.

Baca juga: 4 Game Aneh dengan Gameplay Semakin Mudah Seiring Bertambahnya Level

“Jika pembuat ponsel dan operator jaringan seluler tidak dapat menyertakan aplikasi kami di berbagai perangkat mereka, itu akan mengganggu keseimbangan ekosistem Android,” kata Pichai dikutip dari laman Tabloid pulsa. Lalu Pichai pun memberikan isyarat jika model bisnis gratis ini bakal bergantung pada bundling aplikasi tersebut.

“Sejauh ini, model bisnis Android berarti bahwa kami tidak perlu membebankan biaya kepada pembuat ponsel untuk teknologi kami, atau bergantung pada model distribusi yang dikontrol ketat. Namun kami khawatir keputusan hari ini akan mengganggu keseimbangan kehati-hatianyang kami alami dengan Android, dan itu mengirimkan sinyal yang mengganggu yang mendukung sistem kepemilikan atas platform terbuka.” Tambah Pichai.

Melihat dari dominasi Google dalam dunia teknologi saat ini, peringatan dari Pichai ini lebih mirip gertakan pada opini popular pengadilan dari pada sebuah ancaman serius jika nantinya pengguna layanan dari smartphone android tak akan lagi gratis.

Baca juga: Tips Cek Lengkap Kualitas Smartphone Android Bekas Mudah Tanpa Bongkar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here