Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak Beserta Penjelasannya

0
3553
Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak B
Copyright ©MakeUseOf

Mengatasi Windows 10 Update Mendadak dengan Shutdown Paksa, Aman atau Tidak?

Oketekno.com – Saat ini sistem operasi yang paling baru dari Microsoft adalah Windows 10, dengan menggunakan OS ini tentu kita akan mendapatkan pembaruan dan fitur yang lebih beragam jika dibandingkan dengan sistem sebelumnya meski masih ada yang asing dengan cara penggunaannya.

Selain itu, sering kali banyak yang kesal terhadap keseringan update yang dilakukan oleh Windows 10 ini, lantaran kerjaannya jadi tertunda atau mungkin hal lainnya. Ketika kita mau mematikan, terdapat tulisan “Getting Windows Ready, Don’t Turn off your Computer”. Setelah lama banget menunggu, ternyata laptop malah tidak bisa mati-mati.

Simak Nih: Cara Mudah Tingkatkan Performa Windows 10 yang Lemot

Jika mengalami hal semacam ini, jangan panik terlebih dahulu guys, yuk simak pembahasan selengkapnya mengenai Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak paling mudah tanpa menunggu lama berikut.

Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak

Memang sih dalam pemberitahuan tersebut kita suruh menunggu karena masih dalam tahap persiapan windows. Akan tetapi karena ditungguin tidak mati-mati, maka tidak ada cara lain kecuali mematikannya dengan paksa alias hard Shutdown, benar tidak guys? Akan tetapi apakah cara seperti ini aman? Begini percobaannya.

Note: Matikan paksa atau hard Shutdown caranya yakni tekan tombol power selama beberapa detik hingga lampu indikator mati semuanya, untuk komputer bisa langsung cabut power-nya.

Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak 1
Copyright ©Jalantikus

Pertama, kita install update windows kecil dan ketika hendak di Shutdown, malah muncul pemberitauan “Getting Windows Ready, Don’t Turn off your Computer”. Tanpa basa-basi, kita matikan paksa langsung.

Ketahui Juga: Cara Install Windows 10 di Smartphone Android dengan Mudah dan Cepat!

Dan yang terjadi adalah ketika dinyalakan kembali, semuanya kembali berjalan normal dan hanya akan mendapatkan notifikasi ‘We couldn’t finish installing updates’. Namun, setelah beberapa lama lagi pastinya kejadian seperti ini akan terulang lagi.

Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak 2
Copyright ©Jalantikus

Sama seperti pertama tadi, akan tetapi kita coba tunggu lebih lama lagi prosesnya hingga muncul tulisan ‘Working on updates, 27% complete, Don’t turn off your computer’. Dari sini kita matikan paksa langsung.

Baca Yuk: Cara Mengatur Efek Suara di Windows 10!

Hasilnya ketika dinyalakan kembali hanya akan mendapat notifikasi ‘We Couldn’t Complete the updates, Undoing Changes, Don’t Turn off your computer’. Tunggu beberapa saat dan kita akan masuk ke tampilan utama windows dan mendapatkan notifikasi ‘We couldn’t finish installing updates’.

Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak 3
Copyright ©Jalantikus

Selanjutnya update windows besar ini, yakni Fall Creators Update. Ketika Shutdown komputer, tunggu beberapa saat hingga muncul ‘configuring update for windows 10, 10% complete, Don’t Turn off your computer’, kita matikan paksa.

Simak Nih: Cara Menangani Modem Tidak Terhubung di Windows 10!

Dari sini masih tidak ada efek apapun, ternyata hanya proses Please wait sebentar dan semuanya berjalan normal seperti biasanya. Dan ketika sudah memasuki tampilan utama kembali mendapatkan notifikasi ‘We couldn’t finish installing updates’

Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak 4
Copyright ©Jalantikus

Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak berikutnya yakni melakukan uji coba menunggu update lebih lama yakni hingga ada tulisan ‘working on updates 48%, Don’t turn off your PC. This will take a while’. Dan matikan secara paksa.

Efek yang ditimbulkan adalah saat menyalakannya kembali akan muncul proses ‘Restoring your Previous version of Windows’. Ini prosesnya paling lama dibanding lainnya, akan tetapi setelah menunggu hingga selesai semuanya akan bejalan normal dan akan mendapatkan notifikasi ‘We couldn’t finish installing updates’ juga.

Dari hasil kesemuanya memang tidak timbul masalah apapun, hard shutdown masih menjadi cara yang ampuh hentikan update. Namun alangkah lebih baik kalau lagi senggang dan koneksi internet lancar, lanjutkan saja prosesnya dan ikuti maunya windows hingga selesai. Sebab kalau tidak, suatu saat akan kembali terulang. Selain itu, hard shutdown yang sering bisa sebabkan kerusakan cukup fatal seperti sistem error hingga retaknya hardisk.

Kalau terjadi masalah pada windows, coba gunakan Startup repair tool, atau kalau tidak install ulang windows. Namun kalau masih belum terselesaikan, segera bawa ke orang yang ahli untuk mendapatkan penanganan.

Beitulah guys Tips Mengatasi Windows 10 Update Mendadak yang dapat kalian terapkan sendiri ketika windows 10 mulai update kembali. Selamat mencoba.

baca juga: 2 Cara Mudah Matikan Windows Defender di Windows 10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.