Sensor Kamera Sony IMX586 Resmi Diperkenalkan, Miliki Resolusi 48 MP!

0
1985
Sensor Kamera Sony IMX586
Copyright ©latestly

Sensor Kamera Sony IMX586 Akan Diadopsi Pertama Pada Xperia XZ3!

OKETEKNO.COM – Perusahaan teknologi Sony bukan hanya dikenal sebagai produsen elektronik namun juga produsen sensor lensa kamera CMOS untuk perangkat mobile. Nampaknya sang vendor terus berkutat dalam industri sensor kamera CMOS dengan memperkenalkan sensor kamera terbaru yakni Sony IMX586 yang diketahui mempunyai resolusi kamera hingga 48 MP Quad Bayer. Lantas seperti apa ketangguhan sensor kamera tersebut dan smartphone pertama apa yang akan mengadopsinya?

Seperti yang telah kita ketahui bersama, cukup banyak produsen smartphone yang telah mengadopsi sensor kamera besutan Sony untuk perangkat mobile garapannya. Bahkan lensa kamera racikan Sony dikenal memiliki kualitas yang mumpuni dengan hasil bening. Nampaknya vendor asal Jepang tersebut tak ingin berhenti berinovasi dengan mengumumkan hadirnya sensor kamera terbaru Sony IMX586 dengan resolusi super tinggi.

Baca Juga Konsumen di Negara Ini Sudah Bisa Dapatkan Sony Xperia XZ2 Premium Akhir September

Diperkirakan sejumlah produsen smartphone akan mulai mengadopsi sensor kamera Sony IMX586 ini pada awal September 2018 mendatang. Sensor kamera CMOS terbaru ini mempunyai ukuran 0,8 micron pixel. Sang vendor juga sesumbar bahwa usungan piksel yang telah ditingkatkan diklaim mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi bahkan saat perangkat hanya menggunakan digital zoom saja.

Melalui perilisan resmi Sony IMX586 ini sang vendor mengungkapkan bahwa  sensor kamera terbaru ini mengimplementasikan array Quad Bayer 2×2 pixel. Hal ini berarti bahwa akan dihasilkan empat piksel secara bersamaan dengan sensor masing masing 12 MP dan memiliki ukuran piksel 1.6 micro pixel.

Sony IMX586
Copyright ©slashgear

Kelebihan Sony IMX586 terbaru ini dikabarkan mampu menghasilkan foto maupun video malam hari yang terlihat lebih terang dan cerah dengan meminimalisir jumlah noise. Sementara untuk aktivitas fotografi di siang hari atau di tempat dengan pencahayaan cukup maka grid akan kembali pada pemrosesan sinyal normal atau biasa yaitu mencapai sensor 48 MP secara real time.

Baca Juga Belum Resmi Meluncur, Sony Xperia XZ3 Malah Sudah Bisa Dipesan, Harganya?

Untuk diketahui sensor kamera Sony IMX586 ini sendiri pada dasarnya adalah sensor kamera yang menjadi penerus dari sensor 40 MP yang telah ditanamkan pada flagship Huawei P20 Pro dimana juga mengemas pengaturan Quad Bayer. Tak ayal flagship tiga kamera belakang besutan Huawei itu didapuk sebagai smartphone dengan kamera terbaik.

Hadirnya sensor kamera Sony IMX586 ini tentunya menjadi bahan perbincangan tersendiri di jagat maya. kemungkinan besar smarphone pertama yang akan membawakan sensor kamera 48 MP ini adalah flagship terbaru sang vendor yaitu Sony Xperia XZ3 yang dijadwalkan akan diumumkan pada event akbar IFA 2018 di Berlin, Jerman. Untuk itu kita nantikan saja kabar terbarunya.

Baca Juga Sony Xperia XZ3 Akan Adopsi 4 Kamera Sekaligus, Kapan Dirilis?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.