Penjualan Nokia 6 (2018) di Negara Ini Dihentikan Oleh HMD, Apa Sebabnya?

0
1461
Copyright ©Youtube

Angka Penjualan Terpuruk, HMD Global Stop Penjualan Nokia 6 (2018)!

OKETEKNO.COM – Pabrikan ponsel HMD Global memang kini memegang lisensi atas brand Nokia yang telah banyak merilis smartphone android di tahun 2018 ini. Perangkat Nokia Android pertama yang dirilis HMD tahun ini adalah tipe Nokia 6 (2018) dimana di pasar nagara lain juga dikenal dengan sebutan Nokia 6.1. Smartphone ini menawarkan layar phablet lapang dipersenjatai processor handal dan juga telah berjalan dalam sistem operasi Android Oreo.

Perangkat android Nokia 6 (2018) ini sendiri pertama kali dirilis di pasar Cina sebelum akhirnya diluncurkan dan dipasarkan di beberapa negara lain. Smartphone dengan processor Qualcomm Snapdragon 630 tersebut diluncurkan pertama kali pada Januari 2018. Namun setelah tujuh bulan berada di pasaran, dikabarkan pihak HMD Global memiliki niatan untuk menghentikan penjualan dan pendistribusian ponsel ini di Negeri Tirai Bambu.

Baca Juga Asik! Nokia X5 Dikonfirmasi Akan Meluncur di Pasar Global, di Indonesia Juga?

Ternyata kabar tersebut benar adanya dimana Nokia 6 (2018) sudah tidak lagi tersedia di semua ritel yang menjadi mitra resmi Nokia di pasar Cina. Perlu diketahui Nokia 6.1 ini memang telah dijual secara resmi di ritel JD.com, Tmall dan juga Sunning yang merupakan mitra penjualan Nokia Android di Tiongkok.

Kini handset tersebut sudah tidak lagi dijual di tiga retail resmi Nokia itu. Akan tetapi sejauh ini Nokia 6 (2018) masih terlihat dalam situs resmi Nokia di negara tersebut. Lantas apa yang membuat pihak HMD Global memutuskan untuk menghentikan penjualan ponsel ini di pasar Cina?

Harga Nokia 6 (2018)
Copyright©nokiamob

Ternyata penyebab penjalan Nokia 6 (2018) di hentikan lantaran angka penjualan smartphone tersebut tercatat kurang bagus di negara itu. Perlu diketahui model Nokia 7 dengan processor sama seperti Nokia 6 2018 dilepas dengan harga 1199 yuan atau Rp 2.5 jutaan untuk varian RAM 4GB/64GB. Itu merupakan harga yang sama untuk model Nokia 6 2018 model RAM 4GB/64GB di Tmall.

Kedua smartphone Nokia Android itu sama-sama memiliki baterai bertenaga dengan daya 3000 mAh namun memiliki perbedaan pada layar. Untuk Nokia 6 (2018) hadir dengan layar lebih kecil seluas 5.2 inci beresolusi FHD. Dan ironisnya kehadiran tipe baru Nokia X5 dengan desain lebih kekinian dan processor lebih tangguh Helio P60 dibanderol dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Hal ini jelas-jelas membuat penjualan Nokia 6 2018 jeblok di pasaran.

Baca Juga Resmi Dijual, Ini Dia Harga dan Varian Nokia X6 Polar White

Sejauh ini keputusan HMD untuk menghentikan penjualan dan distribusi Nokia 6 (2018) di Cina terlihat merupakan keputusan yang gegabah. Namun yang jelas pihak Nokia sendiri melihat itu merupakan sebuah strategi jangka panjang yang memang diperlukan untuk eksistensi produk mereka di pasaran yang tetap diminati konsumen.

Meskipun Nokia 6 (2018) sudah tidak tersedia di Cina namun masih tersedia di beberapa negara lain dan kemungkinan besar akan terus dijual di pasaran global. Sayangnya belum dikehui secara pasti apakah keputusan menghentikan penjualan Nokia 6 2018 ini juga akan diperluas di negara lain atau tidak. Kita nantikan saja kabar terbarunya.

Baca Juga Resmi Meluncur Ke Luar China Berikut Harga Nokia 6.1 Plus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.