Antara iOS dan Android Untuk Bermain Game, Bagusan Mana?

0
609
Antara iOS dan Android
Antara iOS dan Android Copyright ©Android Indonesia

iOS dan Android, Pilih Mana?

Oketekno.com – Perdebatan serta persaingan panas antara iOS dan Android memang sudah sejak lama berdengung, dimana keduanya selalu ingin menonjolkan kemampuan masing masing dalam memberikan kemampuan terbaik untuk smartphone yang diusung.

Baca Juga: 5 Alasan Advan G2 Plus Layak Dimiliki dengan Harga Hanya Satu Jutaan!

Hal ini tentu akan panjang sekali jika dijabarkan satu persatu dalam setiap aspek yang diutarakan. Namun demikian, dalam kesempatan kali ini kita akan membahasnya dalam persepsi gaming dimana hal ini sudah cukup komplek dan cukup membingungkan.

Lantas, lebih bagus manakah antara iOS dan Android untuk bermain game?

  • Perilisan Game

Dimulai dari hal yang dasar, yakni mengenai perilisan game. Nampaknya harus diakui bahwa banyak pengembang game lebih memilih memasarkan game nya lebih dulu ke parangkat iOS ketimbang ke pasar Android.

Hal ini sebabkan masalah “uang”. Dimana kasusnya kebanyakan pengguna iOS jauh lebih royal dibandingkan pengguna Android.

Antara iOS dan Android dalam Dunia Gaming
Antara iOS dan Android dalam Dunia Gaming Copyright ©Tech In Asia Indonesia

Baca Juga: Pantau Gerhana Bulan Besok dengan Aplikasi Ini

  • Pengembangan Game

Ditinjau dari masalah pengembangan, Developer nyatanya juga lebih memilih mengembangkan game yang dibuatnya di perangkat iOS dibandingkan dengan meluncurkannya ke ranah Android. Hal ini disebabkan lantaran banyaknya smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dibandingkan dengan iOS, hal ini menyebabkan pengembang cukup kesulitan memadukan antara kualitas dan kenyamanan dalam bermain lantaran perangkat yang terlalu banyak. Ironisnya lagi, pengembang hanya akan menjajal permainannya di Android pada sebatas empat sampai lima ponsel terkemuka saja, selebihnya mereka menunggu feedback dari pengguna.

  • Pengalaman Pengguna

Masih soal perbandingan yang sama pada topik di atas. Jika kalian mendownload game pada IOS, pastinya kalian juga sudah sangat yakin game tersebut lancar dimainkan di perangkat kamu maupun perangkat Apple lainnya.

Keterbalikannya dengan IOS, jika kalian menggunakan Android kalian tentu tidak bisa memastikan hal tersebut sebelum mencobanya secara langsung, apalagi jika kalian menggunakan perangkat yang berbeda merek. Pastinya pengalaman yang dirasa tak akan sama, bahkan pada beberapa kasus, saat mereka membeli perangkat yang jauh lebih canggih, game favorit justru tidak dapat dimainkan.

Dari pembahasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa untuk masalah gaming, sebenarnya iOS mendominasi dalam berbagai hal. Namun perlu diketahui juga bahwa Android tidak kalah kuat meski harus melalui pengujian yang melelehkan pastinya.

Baca Juga: Jangan Salah, Begini Cara Membersihkan Laptop yang Benar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.