Seberapa Cepatkah Wifi yang Bisa Diakses Saat Pembukaan Asian Games?

0
818
Tips Dapatkan Hotspot WIFI Gratis
Copyright ©TrenTekno

Wifi Cepat Bisa Diakses Gratis

Oketekno.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan bahwa Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 akan menyediakan akses internet nirkabel gratis. Penonton, Atlet dan ofisial yang hadir saat pembukaan Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bisa menggunakan Wifi Gratis tanpa perlu registrasi berkapasitas 40 Gbps.

Baca Juga: Inilah Smartphone RAM 4 GB dengan Harga 2 Jutaan, Mau?

Rudiantara mengatakan bahwa jaringan yang disediakan oleh Telkomsel ini nantinya akan memberi akses kepada 80 sampai 90 ribu orang yang ada di SUGBK. Kecepatan wifi ini diberikan sebagai salah satu upaya untuk mengesankan tamu-tamu dari luar negeri.

“Acara pembukaan harus memberikan impresi yang wah. Pada saat pembukaan semua yang hadir pasti ingin ungah video langsung saat itu juga. Konsekuensinya Kita harus sediakan kapasitas, kita tidak bisa bergantung pada seluler,” ujar Rudiantara di sela-sela peninjauan infrastruktur jaringan SUGBK, Jakarta Pusat, Kamis (26/7).

Lantaran traffic yang padat tersebut, Rudiantara menambahkan bahwa tidak bisa menggunakan operator seluler, Rudiantara mengatakan bahwa jaringan seluler tidak dirancang untuk traffic sepadat ini.

“Saya minta skenario di mana semua lalu lintas internet bisa ditampung oleh wifi. Meskipun operator seluler sudah sediakan kapasitas maksimal, tapi tetap saja seluler tidak dapat mengakomodasi seluruh traffic yang akan terjadi saat Asian Games 2018,” imbuhnya.

Baca JugaAntara iOS dan Android Untuk Bermain Game, Bagusan Mana?

Telkom sebagai penyedia utama jaringan di Asian Games 2018, membangun akses poin sebanyak 412 dengan kecepatan 100 Mbps per akses poin.

Selain itu, Direktur Pembangunan dan pengembangan Usaha PPKGBK Gatot Tetuko mengatakan bahwa teknologi Wifi high Dense ini di SUGBK dijamin bisa menampung 80 ribu orang di SUGBK.

“Saya jamin lalu lintas jaringan lancar. Tidak akan padat lalu lintasnya, kalau padat artinya kami gagal,” ujarnya.

Gatot mengatakan baru kali ini wifi baru ada di SUGBK. Gatot mengatakan untuk daerah Istora Senayan ada provider selain Telkom, dari Bali Tower dan Biznet.

“Dulu kalau ada pertandingan bola dengan jumlah penonton 10 ribu, traffic jaringan seluler langsung padat,” kata Gatot.

Baca Juga: Aplikasi TV Online yang Wajib Kamu Pasang di Smartphone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.