Harga Fantastis, Oppo Find X Remuk Saat Jalani Tes Ekstrim Ala JerryRig!

0
6934
Oppo Find X Bend Test Fail
Copyright ©Youtube

Mengejutkan! Oppo Find X Hancur Saat Dibengkokkan dengan Tangan!

OKETEKNO.COM – Produsen smartphone  Oppo memang telah resmi merilis flagship cantik terbarunya yang bertajuk Find X pada 19 Juni 2018 lalu di Paris, Prancis. Tak berselang lama, smartphone yang memiliki kamera pop-up inovatif yakni Oppo Find X resmi dirilis di Indonesia tepatnya pada 18 Juli 2018. Namun banderolan smartphone ini sendiri cukup fantastis di level harga Rp 13 juta membuatnya hanya mampu terjangkau oleh kalangan tertentu yakni pengguna kalangan atas saja. Namun dengan harga fantastis tersebut, nyatanya durabilitas Find X masih dipertanyakan meskipun kamera gesernya memiliki daya tahan kuat.

Memang Oppo Find X hadir sebagai smartphone inovatif dengan kamera depan dan belakang yang dapat secara otomatis naik turun saat pengguna membuka aplikasi kamera. Desain kamera pop-p tersebut membuat layar perangkat tanpa bezel dan membentang penuh. Namun si cantik Find X ternyata remuk saat di uji ekstrim di tangan Youtuber kenamaan JerryRigEverything yang populer karena kerap ‘menyiksa’ sejumlah smartphone kelas atas untuk mengetahui daya tahan perangkat.

Baca Juga Keren, Kamera Oppo Find X Dibekali Fitur Anti Rusak Saat Terjatuh!

Akun Youtube JerryRigEverything melakukan serangkaian tes ekstrem untuk Oppo Find X. Seperi pada uji durabilitas smartphone yang pernah ia lakukan, uji ketahanan tersebut dimulai dari menggores layar, menggores bodinya, membakar layar hingga membengkokkan perangkat. Namun hasilnya si cantik Find X remuk saat menjalani tes durabilitas tersebut. Seperti apa?

Awalnya JerryRig melakukan uji gores layar Oppo Find X menggunakan alat yang bernama Mohs dimana memiliki skala dua hingga delapan. Layar phablet yang dilapisi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5 itu baru dapat tergores dalam skala 6 mohs meskipun tidak terlaku kentara. Goresan baru terlihat jelas pada layarnya saat tekanan di skala 7 mohs.

Durabilitas Oppo Find X
Copyright ©Edited by Oketekno

Selanjutnya pengujian goresan pada seluruh bodinya menggunakan pisau cutter. Oppo Find X yang dikemas dalam material metal dengan finishing kaca solid di bodi belakangnya. Saat digores bodi smartphone memang tidak gampang tergores namun bingkai logam di sisi bodinya sangat mudah untuk tergores. Uji goresan juga dilakukan pada beberapa modul yang dipasang yakni kamera depan, kamera belakang, speaker sampai tombol volume dan power. Tak jauh berbeda dengan flagship lain, modul-modul tersebut juga sangat mudah tergores.

Uji durabilitas Oppo Find X terus berlanjut dimana uji ekstrim selanjutnya adalah dengan dibakar pada bagian layar. Pengujian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui daya tahan layar pada suhu panas ekstrim. Setelah layarnya dibakar selama 1 menit dengan korek api, layar Find X masih tetap responsif dan bekerja normal namun layar AMOLED itu meninggalkan bercak warna putih yang tidak dapat hilang begitu saja.

Baca Juga Kamera Geser Oppo Find X Diklaim Mampu Digunakan Sampai Hingga 150x dalam Sehari!

Dan yang paling ditunggu adalah tes ekstrim Oppo Find X yang terakhir yakni uji kelenturan perangkat dengan dibengkokkan. Cukup mengejutkan ternyata saat perangkat dibengkokkan dengan tangan, layarnya langsung remuk. Pada bagian layar maupun bodi belakang mampu dipatahkan. Hanya saja smartphone android premium ini masih dapat menyala dan berfungsi namun dengan warna layar yang mulai berubah. Bahkan aplikasi kamera masih dapat berjalan dengan normal dengan kondisi layar retak.

Oppo Find X Remuk Uji Durabilitas
Copyright ©Edited by Oketekno

Bodi belakang perangkat yang dibengkokkan dengan tangan dan pecah itu membuat pelapis bodi belakang Oppo Find X dapat dikelupas seperti kerupuk. Dari sana JerryRig membongkar dan memamerkan komponen dalam dari Find X termasuk baterai dan juga mekanisme kamera yang dapat naik turun secara otomatis. Saat proses tersebut layarnya bahkan masih tetap menyala hanya saja tampilannya sudah berbeda.

Kesimpulan dari uji durabilitas Oppo Find X ini adalah smartphone dengan banderlan harga Rp 12.999.000 di Indonesia ini kekuatan bodinya masih dipertanyakan. Untuk itu bagi sobat pengguna Find X harus lebih hati-hati dalam membawanya dan tentunya jangan sampai smartphone ini dimasukkan ke saku celana ataupun secara tak sengaja diduduki.

Baca Juga Uji Durabilitas dengan Tes Ekstrem, Vivo NEX S Terbukti Tangguh dan Kuat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.