Ternyata Hoaks, Ini Bahaya Tawaran Internet Gratis 20GB yang Viral di WhatsApp

0
2330
WhatsApp Hoax icon
Copyright ©idnews

Ramai di W.A, Berikut Fakta Kuota Internet Gratis 20GB

Oketekno.com – Bagi sebagian besar pengguna WhatsApp baru-baru ini telah mendapatkan kiriman pesan dengan tawaran mendapat kuota Internet gratis sebesar 20GB, hanya menuruti persyaratan mudah kuota dengan kapasitas tersebut sudah bisa dinikmati. Bahkan, ini berlaku untuk setiap operator seluler.

“Koneksi Internet Gratis 20GB. Dapatkan 20GB Internet Gratis selama 60 hari untuk setiap operator seluler.” Seperti itulah isi pesan yang tengah meramaikan para pengguna WhatsApp. Mulai dari chat pribadi hingga grup juga sudah tidak asing untuk mendapatkan pesan tersebut.

Simak Nih: Untuk Jaga Privasi, Begini Cara Internetan Tersembunyi di Android!

Kemudian di dalam pesan bagian akhir, telah ada sebuah link aktif yang mengarah ke situs tertentu dan bakal membawa Anda ke laman yang begitu meyakinkan memang.Pada halaman tersebut telah tertera tulitan “Koneksi internet gratis 20GB selama 60 hari”. Kemudian di bagian bawahnya juga terdapat kuesioner yang wajib diisi untuk mendapatkan kuota internet gratis untuk seluruh operator.

WhatsApp Hoax
Pesan WhatsApp Hoax Copyright ©turnbackhoax

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Tekno Kompas, ternyata tawaran tersebut adalah Hoaks. Ini hanyalah sebuah trik penipuan lama yang menjadikan kuota internet gratis sebagai sasaran para peretas untuk mencuri data pengguna. Dari kuesioner ini data pengguna seperti e-mail, nomor ponsel, hingga akses perizinan untuk masuk ke layanan sosial media akan dicuri atau disalahgunakan.

Ketahui Yuk: Cara Internetan Hanya Gunakan Koneksi 4G Saja

Bahkan pernyataan senada juga disampaikan oleh petinggi Telkomsel dan juga XL Axiata. Kedua petinggi tersebut sama-sama menghimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dalam mengakses link aktif seperti itu.

Kemudian Mereka juga menyampaikan kalau pihaknya tidak pernah memberikan tawaran promosi berhadiah, produk, program, maupun layanan umum kecuali melalui situs resmi perusahaan www.telkomsel.com, aplikasi myTelkomsel, serta aplikasi TCASH Wallet. Begitu juga dengan XL Axiata yang selalu menyampaikan berbagai tawaran menariknya melalui kanal resmi milik perusahaan.

Dengan begini ketika ada link yang menuju ke halaman lain dan memberikan penawaran spesial kepada para pelanggan, dihimbau untuk berhati-hati karena kejadian peretasan kini sudah banyak sekali yang menjadi korbannya.

baca juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Paling Ampuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.