YouTube Desktop Dukung Video Vertikal, Bikin Nonton Lebih Nyaman

0
1905
YouTube
YouTube Copyright ©SlashGear

Video Dapat Diperbesar Sesuai Selera Masing-Masing Pengguna

Oketekno.com – Beberapa waktu lalu video vertikal sempat menjadi permasalahan tersendiri bagi YouTube karena para pengguna merasa tidak nyaman dan video terlihat kecil jika dilihat dalam mode landscape. Hingga pada akhirnya YouTube mobile mendapatkan pembaruan dan kini aktivitas streaming video juga dapat dilakukan lebih nyaman karena video lebih responsif.

Nah, sepertinya untuk pembaruan serupa baru saja dihadirkan pada YouTube versi Desktop dengan tampilan baru. Pada tampilan terbarunya ini telah dilakukan optimasi terhadap sistem user interface sehingga frame hitam 16:9 yang biasanya mengganggu di bagian kiri dan kanan video vertikal kini sudah di tiadakan.

Simak Nih: Ketika Mozilla Sebut Youtube Perlambat Pancarian Selain Di Chrome

Semenjak frame hitam tersebut dihilangkan maka video yang memiliki format vertikal ini nantinya dapat direntangkan oleh para penggunanya sesuai dengan selera dan kebutuhan. Dengan begitu pengguna akan mendapatkan tampilan dan rasio yang pas dan nyaman untuk melihatnya.

YouTube New Feature
YouTube Copyright ©AndroidPolice

Untuk perubahan ini dikabarkan bakal diluncurkan kepada para pengguna YouTube Desktop secara bertahap. Dari informasi yang didapat dari Android Police, video dengan format vertikal saat ini semakin banyak sehingga pihak pengembang memberikan fokus perhatian lebih terhadap konten semacam ini agar pengguna lebih nyaman menikmatinya.

Ketahui Yuk: 3 Tips Streaming YouTube Tanpa Buffering Lama Untuk Hilangkan Rasa Bosan

Community Manager YouTube bernama Marissa juga telah memberikan ungkapan kalau pembaruan ini telah dibuat supaya video dengan format vertikal atau mungkin persegi dapat dinikmati lebih nyaman oleh para pengguna browser komputer sehingga resolusi videonya juga tidak akan berkurang.

“Untuk video layar lebar (bukan 16:9) seperti video vertikal dan persegi, kami biasanya menampilkan bilah hitam di samping video dan membuat video menjadi sangat kecil. Pembaruan ini menghilangkan bilah hitam tersebut. Kami meluncurkan pembaruan ini di perangkat seluler beberapa saat lalu (baik Android dan iOS) sehingga perubahan ini membuat pengalaman menonton yang sama baik di desktop dan mobile”  seperti itulah keterangan yang diberikan oleh Marissa.

Dalam keterangannya lebih lanjut, Ia menambahkan kalau para pengguna dapat memanfaatkan ruang kosong disampingnya untuk memperbesar ukuran video sehingga pengguna bisa mendapatkan tampilan yang pas. Namun sayang, sampai saat ini masih belum diketahui pasti kapan pengguna Indonesia mendapatkan fitur ini.

baca juga: Google Umumkan Youtube Tetap Bisa Diputar di Jendela Kecil Meski Keluar Aplikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here