Alasan Para Investor Inginkan Mark Zuckerberg Turun Tahta dari Facebook

0
1703
Mark Zuckerberg
Copyright ©The Independent

Nilai Perusahaan Facebook Turun Drastis

Oketekno.com – Sebagai salah satu CEO paling ternama di Dunia, Mark Zuckerberg beberapa bulan terakhir ini terlihat tengah mengalami permasalahan yang sangat besar. Bahkan dari beragam permasalahan tersebut dapat mengancam Mark dari jabatannya sebagai CEO Facebook.

Setelah di duga adanya kebocoran data yang terjadi dikarenakan Cambridge Analytica, hingga pendapatan perusahaan yang terus mengalami kemerosotan. Padahal rencana tersebut dilakukan oleh Zuckerberg untuk melakukan perubahan terhadap platform buatannya, namun sepertinya para pemegang saham sudah tidak begitu percaya lagi kepadanya.

Simak Nih: Tarik Minat Pengguna, Facebook Buka Kantor di China

Bahkan beberapa pemegang saham telah meminta supaya Mark Zuckerberg turun tahta sebagai CEO dan digantikan dengan orang yang lebih dapat dipercaya. Sebagaimana yang telah dilansir dari laman Esquire telah mengungkapkan kalau beberapa pemegang saham telah mengajukan proposal yang akan memisahkan peran chairman dan CEO di perusahaan raksasa sosial media ini. Untuk kedua posisi tersebut sekarang telah dipegang oleh Zuckerberg semuanya.

Sad
Copyright ©Malaysian

“Seorang CEO yang juga memegang peran sebagai Chairman memberikan pengaruh berlebih terhadap agenda perusahaan, sehingga memperlemah pengawasan manajemen” tulis beberapa pemegang saham yang sudah tidak setuju lagi dengan Facebook dalam proposal Trillium Asset Management.

Ketahui Yuk: Facebook Berikan Notifikasi Terhadap 14 Juta Penggunanya, Masalah Apalagi?

Perlu diketahui bahwa saat ini Zuck telah memegang 60% hak votting di Facebook. Dan dalam proposal ini telah menyebutkan kalau dengan memecah posisi tersebut maka permasalahan ini dapat segera diatasi.

Dalam keterangan lanjutan dalam proposal tersebut telah menyebutkan kalau pengawasan manajerial di perusahaan Facebook telah berkontribusi dalam kesalahan penanganan dalam berbagai macam konflik penting yang selama ini terjadi, dan hal itu sendiri juga termasuk skandal privasi Cambridge Analytica serta permasalahannya dengan pihak Rusia juga.

Internal perusahaan telah menyebutkan kalau saham Facebook mengalami penurunan hingga 20% di pekan lalu. Dengan begini nilai perusahaan mengalami penurunan hingga 11.5 Miliar Poundsterling atau setara dengan Rp 217.7 Triliun sehingga kekayaan Mark juga menurun drastis. Itulah penyebab mengapa banyak para investor menginginkan M.Z turun tahta, atau paling tidak posisinya dibagi menjadi 2 orang.

baca juga: Keren, FB Lakukan Uji Coba Fitur Iklan Berbasis AR!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.