Ini Aturan Google Untuk Smartphone Android Berponi

0
1130
Android Notch
Copyright ©Google

Tata Letak Poni dan Pembuatan Aplikasi Tidak Boleh Sembarangan

Oketekno.com – Semenjak kehadiran iPhone X menjelang akhir tahun 2017 kemarin, banyak berbagai vendor yang berusaha mengikuti desain layar uniknya yakni menggunakan poni di atas layarnya. Bahkan ketika memasuki pertengahan tahun 2018 semakin banyak vendor Android yang mengikuti trending desain Notch tersebut.

Dengan begini memicu perusahaan Google untuk menyesuaikan sistem operasi Android besutannya agar kompatible dengan Smartphone berponi tersebut. Untuk dukungan fitur terbaru yang kompatible dengan perangkat yang memiliki notch akan mulai dihadirkan pada Android P Beta.

Simak Nih: Perubahan Menarik Pada Update Khusus Google Chrome Untuk iPhone

Untuk tampilan sistem operasi Android P ini sudah disesuaikan sedemikian rupa sehingga pengguna dapat mengoperasikan perangkat dengan nyaman tanpa terganggu poni lagi. Kemudian untuk aspek rasio layar 18:9 atau mungkin lebih ini tampak lebih memanjang jika dibandingkan dengan 16:9 sehingga perlu dilakukan pembaruan juga.

Android P Notice
Copyright ©Google

Dengan begini pihak Google telah meluncurkan peraturan untuk seluruh vendor Smartphone maupun developer dengan platform Android. Ini bertujuan untuk memastikan kompabilitas aplikasi serta konsistensi antar perangkat yang bakal berjalan dengan Android P.

Ketahui Yuk: Wujud Nyata Google Pixel 3 Series Beredar di Internet, Bentuknya Aneh?

Salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah batasan lokasi notch dimana para vendor Smartphone hanya diperbolehkan untuk menanamkan sebuah nocth saja, di atas maupun di bawah. Dan tidak boleh ditambah dengan notch lainnya di sisi kanan maupun kirinya.

Secara default untuk sistem ini nantinya ketika berada dalam mode portrait (vertikal) untuk ukuran status akan disesuaikan dengan tinggi notch/mencapai puncak teratas. Dan untuk aplikasi yang berjalan akan tampil di bagian bawah notch. Begitu juga dengan sebaliknya, ketika dalam mode landscape maka sistem akan menerapkan letterboxing untuk menyamarkan notch sehingga konten tidak terganggu.

Kemudian untuk beberapa perangkat yang dijalankan dengan sistem operasi Google Android 8.1 atau kebawah akan diberikan dukungan “special mode” sehingga aplikasi nantinya dapat di ekspansi hingga masuk ke area cutout di sisi notch. Biasanya untuk mode ini bisa diaktifkan mellaui promt yang muncul ketika aplikasi dijalankan.

baca juga: Deretan Fitur Terbaru yang Sambangi YouTube Go, Maps Go, dan Google Go

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.