Android P Akan Meluncur Resmi Pada 20 Agustus 2018, Benarkah?

0
838
Android P Smartphone
Copyright ©android central

Sistem Operasi Android P Akan Dibekali Sejumlah Fitur Menarik!

OKETEKNO.COM – Akhir akhir ini kabar mengenai kehadiran sistem operasi terbaru besutan Google memang semakin santer terdengar. Sistem operasi Android versi terbaru itu bertajuk Android P dimana beberapa perangkat terpilih telah mencicipi versi terbaru dari sistem operasi ini walaupun hanya dalam bentuk beta.  Beberapa waktu yang lalu Google yang menjadi pemilik Android memang telah meluncurkan versi beta terakhir dari OS versi anyar ini. Hal itu menjadi isyarat jika versi stabil Android 9.0 P akan segera dirilis ke publik dalam waktu dekat ini.

Memang tak sedikit yang mempertanyakan kapan Google akan merilis resmi sistem operasi Android P. Dan akhirnya kita saat ini menemukan titik terang untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dalam beberapa minggu kedepan kemungkinan Google akan meluncurkan OS Android versi terbaru itu termasuk nama resmi yang akan digunakan.

Baca Juga Android P Sapa Pengguna Google Pixel, Sudah Mencoba?

Kabar terbaru menyebutkan jika sistem operasi Android P akan diluncurkan secara resmi pada 20 Agustus 2018 mendatang. Informasi tersebut ditemukan dari akun pembocor gadget kenamaan yakni Evan Blass. Akun Twitter @evleaks tersebut mengunggah gambar kalender dimana tertulis huruf ‘P’ ada kalender 20 Agustus.

Peluncuran Android P
Copyright ©Evleaks

Meskipun postingan tersebut tidak mengungkap secara detail terkait peluncuran sistem operasi Android P namun maksud postingan Evan Blass tersebut cukup jelas. Bukan hanya itu saja jika kita menoleh kembali kebelakang, peluncuran Android O atau Android Oreo v8 dirilis secara resmi pada 21 Agustus 2017 lalu. Untuk itulah peluncuran Android v9 ini seharusnya tidak akan jauh berbeda dengan pendahulunya pada tahun lalu.

Sementara itu mengupas sistem operasi Android P sendiri hadir dengan sejumlah fitur menarik. Beberapa fitur terbaru pada versi anyar ini adalah fitur Baterai Adaptif yang dapat membatasi penggunaan baterai untuk aplikasi yang jarang dipergunakan pengguna berdasar pebelajaran mesin dengan DeepMind yang mengoptimakan bagaimana sejumlah aplikasi mengkonsumsi baterai perangkat.

Baca Juga Android P Nantinya Bakal Bisa Hentikan Getaran Notifikasi!

Bukan hanya itu saja, fitur manarik dalam Android P ini juga memiliki fitur Slices. Fitur itu merupakan cara baru untuk aplikasi yang menyediakan konten jarak jauh untuk pengguna. Pada OS versi terbaru ini juga akan hadir Biometric Prompt yang siap menggantikan dialog sidik jari dan juga mendukung otentikasi wajah dan iris.

Android P Smartphone
Copyright ©CNET

Sebelumnya Manaher Produk Android UI bernama Megan Potoski di blog miliknya menuliskan sesuatu untuk ditukukan pada pengembang perangkat lunak. Dituliskan bahwa Google saat ini tengah menggarap Android P dimana terbuka dengan fase pengujian pratinjau. Selain model smartphone Google Pixel, beberapa merk smartohone yang menambahkan pratinjau Android v9.0 ini adalah Xiaomi, Nokia, Sony, Oppo, OnePlus, Vivo dan Essential Phone.

Google juga akan membawakan banyak perubahan dalam sistem keamanan pada sistem operasi Android P. Google bahkan akan ‘memaksa’ para produsen smartphone untuk merilis pembaruan keamanan reguler untuk perangkat cerdas mereka. Google juga mengungkapkan bahwa OS Android ini akan membawa kontrol pada kesejahteraan digital pengguna. Rumor yang beredar sistem operasi Android v9 ini akan hadir dengan nama Pistachio, kita nantikan saja kabar terbarunya.

Baca Juga HMD Global Mulai Gulirkan Update Android P Bulan Agustus?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here