Ini 5 Fitur Cerdas dalam Sistem Operasi Android Pie 9 Terbaru!

0
737
Android 9 Pie
Copyright ©Firstpost

Fitur Pintar Android Pie Siap Manjakan Pengguna, Apa Saja?

OKETEKNO.COM – Raksasa teknologi Google memang telah resmi meluncurkan sistem operasi Android versi terbaru yang diberi nama Android Pie v9.0. Dalam sistem operasi terbaru ini, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, Amerika Serikat itu mengungkap sejumlah fitur terbaru yang dibekalkan. Bahkan sistem operasi Android 9 Pie ini juga telah mengadopsi machine learning yang bertujuan memberikan kemudaha untuk para pengguna dalam banyak hal salah satunya untuk pemakaian dan pengoperasian perangkat mobile.

Sementara itu Google sendiri mengklaim bahwa dengan hadirnya teknologi machine learning pada sistem operasi Android Pie terbaru ini pengguna akan dapat merasakan pengalaman baru yang lebih menyenangkan. Selain itu OS Android v9 ini juga menjanjikan kinerja lebih efisien, cepat dan lebih pintar. Terkait teknologi machine learning, berikut fitur-fitur baru yang dibenamkan Google dalam Android 9 Pie.

Baca Juga Android Pie Resmi Dirilis, Ini Daftar Smartphone Yang Kebagian Jatah Pertama!

Adaptive Battery

Dalam sistem operasi Android Pie ini dibekalkan fitur baru yang bernama Adaptive Battery yang merupakan fitur hasil kerjasama Google dengan DeepMind. Fitur terbaru ini memang memanfaatkan machine learning dimana memprioritaskan baterai yang ada dalam perangkat mobile sehingga dapat mengoptimalkan aplikasi yang kerap digunakan oleh pengguna.

Android Pie - Adaptive Battery
Copyright ©OnePlus Forums

Dengan demikian baterai yang terpasang dalam perangkat mobile dengan sistem operasi Android Pie 9 ini dapat lebih hemar dengan durasi waktu pemakaian lebih lama. Hal ini memang berguna terutama untuk smartphone yang ditenagai baterai dengan kapasitas standar dan pas-pasan.

Slices

Dalam laman Android Developer, Google sendiri  mengungkapkan bahwa fitur Slice sengaja dibenamkan untuk membantu para pengguna dalam melakukan sejumlah tugas maupun perintah lebih cepat. Hal ini memang dilakukan untuk menggunakan tampilan antarmuka yang dapat menyajikan konten lebih dinamis, interaktif dan menawan.

Sementara itu fitur Slice sendiri memiliki kaitan erat dengan aplikasi yang sering dibuka oleh pengguna. Aplikasi tersebut terintegrasi dengan Google Assistant dan Google Search siap memanjakan pengguna dengan pengalaman baru.

Android Pie - App Actions
Copyright ©zdnet

App Actions

Fitur App Actions sendiri merupakan cara baru dalam meningkatkan visibilitas aplikasi yang digunakan pengguna dimana mendorong keterlibatan secara penuh. Fitur Android Pie tersebut memanfaatkan teknologi machine learning dimana mampu menampilkan aplikasi di saat yang tepat dengan berpatok pada kebiasaan yang dilakukan para pengguna perangkat mobile dengan sistem operasi Android Pie ini.

Terkait hadirnya fitur App Actions dalam sistem operasi Android Pie v9 ini, pihak Google menjanjikan apda semua pengembang aplikasi untuk berbagi informasi yang lebih banyak lagi. Diharapkan aplikasi-aplikasi tersebut dapat segera diaktifkan untuk kebutuhan App Actions ini.

Baca Juga Xiaomi Mi MIX 2S Akan Jadi Smartphone Android P Pertama Sang Vendor!

Text Classifier & Smart Linkify

Pada pengembangan sistem operasi Android Pie ini sendiri, Google tak lepas dari hal inovasi. Dapat dikatakan jika tidak sedikit inovasi yang terus digulirkan Google demi menjadikan sistem operasi Android 9 Pie ini menjadi sistem operasi mobile yang lebih nyaman digunakan. Inovasi yang dihadirkan dengan teknologi machin learning ini mengidentifikasi entitas pada konten maupun input teks lebih beragam. Dapat dicontohkan adalah pencatatan data tanggal dan juga nomor penerbangan pesawat melalui fitur API TextClassifier.

Android P Smartphone
Copyright ©CNET

Tak hanya itu saja, sistem operasi Android Pie juga didukung fitur Smart Linkify yang memungkinkan para pengguna memanfaatkan fitur TextClassifier via API Linkify termasuk untuk memperkaya opsi dalam tindakan pengguna lebuh cepat. Fitur Smart Linkify memberikan peningkatan secara signifikan dalam kinerja dan juga akurasinya.

Neural Network API 1.1

Pada pengembangan Android Pie v9 ini, Google juga telah mengahdirkan versi terbaru dari teknologi Neural Networks API. Versi anyar ini bertujuan untuk memperluas dukungan Android agar implementasi machine learning dapat lebih cepat dapam peangplikasikan di sebuah perangkat.

Dengan hadirnya teknologi Neural Networks 1.1, setidaknya ada dukungan 9 operasi baru yang telah diperkenalkan. Sejumlah operasi tersebut adalah Pad, BatchToSpaceND, SpaceToBatchND, Transpose, Strided Slice, Mean, Div, Sub dan juga Squeeze.Tak sabar ingin mencicipi citarasa Android Pie ini sobat?

Baca Juga Android P Nantinya Bakal Bisa Hentikan Getaran Notifikasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.