Ketat! WhatsApp Hanya Bisa Teruskan Pesan 5X dan Terancam Diblokir

0
936
WhatsApp Stop
Copyright ©Quartz

WhatsApp, Facebook dan Sosmed Lain Bakal Diblokir Saat Kondisi Darurat

Oketekno.com – Memang beberapa tahun terakhir ini layanan Facebook dan WhatsApp menjadi sosial media paling populer di Dunia Maya, meski begitu berbagai pihak mulai memberikan peraturan ketat dan ancaman-ancaman pemblokiran terhadap kedua layanan paling fenomenal tersebut.

Semakin banyak pengguna, maka layanan ini menjadi sasaran empuk bagi para penyebar kebencian dan kejahatan. Alasan inilah yang membuat banyak pihak pemerintahan memerintahkan memblokir Facebook dan WhatsApp jika terindikasi disalahgunakan. Salah satu yang baru-baru ini bertindak adalah India dimana pihak pemerintahan telah meminta operator seluler di Negaranya mencari cara untuk memblokir layanan tersebut.

Simak Nih: Cara Gunakan W.A Paling Efisien Untuk Hemat Kuota Internet

Tidak hanya Facebook dan WhatsApp saja, beberapa aplikasi lain seperti Telegram, Instagram, dan aplikasi mobile serupa juga termasuk ke dalam daftar ancaman terblokir pihak pemerintahan India. Ini telah disampaikan dalam surat resmi tertanggal 18 Juli 2018 silam.

KillsApp
Copyright ©TNW

Salah seorang sumber yang tidak ingin diungkap identitasnya telah menyatakan kalau surat yang menyatakan “Anda diminta untuk mencari berbagai cara dan mengkonfirmasi bagaimana Instagram/ Facebook/ WhatsApp/ Telegram dan aplikasi-aplikasi mobile semacamnya dapat diblokir di internet,” ini bertujuan supaya pihak terkait memiliki solusi untuk memblokir layanan seperti itu ketika keadaan darurat tengah terjadi.

Ketahui Yuk: WhatsApp Mulai Disusupi Iklan dan Layanan Berbayar

Beberapa bulan terakhir ini pihak India telah mulai berusaha untuk meminimalisir penyebaran rumor yang meresahkan masyarakat lokal. Mereka telah menerapkan sistem batasan meneruskan pesan berantai.

Aplikasi WhatsApp saat ini memang tengah menghadapi masalah besar dengan India, pasalnya pesan Hoax yang tersebar di platform tersebut telah memecah belah masyarakatnya dan berujung pada tindak pembantaian serta kekerasan di tengah masyarakat.

Dan pada akhirnya pihak pengembang WhatsApp telah bertindak dan menerapkan sistem untuk seluruh penggunanya di India hanya dapat meneruskan pesan sebanyak 5 kali saja, sedangkan di Negara lain pengguna dapat meneruskan pesan hingga 20 kali. Selaku menjadi induk perusahaan, Facebook tidak berkomentar apapun terkait hal tersebut dan yakin kalau anak perusahaannya itu mampu mengatasi masalah tersebut.

baca juga: Fitur PiP Segera Hadir di W.A Android, Bisa Nonton Video dan Chat Bersamaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.