Cara Mematikan Restricted Mode di YouTube Desktop, Android dan iOS

0
778
Mode Terbatas YouTube
Copyright ©Kabar24

Cara Non-aktifkan Mode Terbatas YouTube

Oketekno.com – Apakah beberapa kali terakhir ini kalian secara tiba-tiba telah memasuki restricted mode atau mode terbatas di layanan maupun aplikasi YouTube? Perlu diketahui bahwa ketika pengguna memasuki mode ini maka akses kendali yang diberikan oleh layanan streaming video paling populer ini akan dibatasi.

Biasanya untuk restricted mode ini digunakan oleh orang tua yang ingin membatasi konten video terhadap anaknya agar video-video yang memicu pikiran negatif dapat terhindari. Ketika dalam mode ini, Google akan melakukan penyaringan konten dan memblokir akses bagi para pengguna yang tengah menonton konten tidak pantas alias belum sesuai dengan usianya.

Simak Nih: 8 Cara Membuat Video YouTube Jadi Trending

Tidak hanya para orang tua saja yang dapat melakukan pemblokiran terhadap perangkat milik anaknya. Akan tetapi pengaturan restricted mode ini juga dapat dilakukan oleh penyedia jasa internet atau biasa disebut dengan ISP alias operator telekomunikasi. Para operator bisa saja melakukan pembatasan akses di wilayah tertentu, seperti sekolah misalnya.

Restricted Mode YouTube
Restricted Mode YouTube Copyright ©Jusnews

Beberapa hari terakhir ini sejumlah pengguna YouTube juga dibuat resah dengan masuknya restricted mode secara tiba-tiba. Padahal selama ini dirinya juga tidak pernah mengaktifkannya. Rupanya kejadian tersebut dikarenakan pihak Operator Telekomunikasi diminta pihak Kemkominfo untuk melakukan blokir gambar porn*. Ini bertujuan untuk memberikan safe search agar jaringan internet Indonesia bebas dari konten tidak pantas semacam itu.

Mengenai hal tersebut, Dirjen Aplikasi Informatika bernama Semuel A. Pangerapan telah mengungkap kalau saat ini beberapa operator telah melakukan kesalahan sebab pihaknya meminta memblokir gambar Porn* di mesin pencari internet, bukan layanan streaming video seperti YouTube.

Nah, bagi kalian yang mengalami permasalahan restricted mode ini, kalian dapat mematikannya dengan cara:

Desktop

  • Di laman youtube.com, klik ikon YouTube yang berada di kanan atas
  • Pada baris paling bawah klik restricted mode/mode terbatas
  • Disini kita akan menemukan kotak dialog yang memberikan pilihan mengaktifkan atau mematikan Restricted Mode

Android

  • Tap ikon akun YouTube di pojok kanan atas layar
  • Masuk ke menu Settings/Pengaturan
  • Pilih Opsi General/Umum
  • Pada baris kedua paling bawah akan ada pilihan Restricted Mode

iOS

  • Klik Ikon akun YouTube di kanan atas tampilan
  • Masuk ke Settings/Pengaturan
  • Dan lihat pilihan Restricted Mode

Seperti itulah kira-kira Cara Mematikan Restricted Mode di YouTube Desktop, Android dan iOS yang dapat kalian coba terapkan pada perangkat masing-masing. Selamat mencoba.

baca juga: Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi Tambahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here