Dua Model iPhone 2018 Layar OLED Akan Didukung Stylus, Ikuti Galaxy Note?

0
1267
Copyright ©9to5Mac

iPhone 2018 Varian Layar OLED Akan Didukung Apple Pencil!

OKETEKNO.COM – Raksasa teknologi Samsung nampaknya menjadi satu-satunya vendor smartphone yang sukses mengahdirkan pen stylus pada smartphone modern besutannya secara konsisten meskipun masih ada vendor LG. Pertama kali samsung menghadirkan stylus di tahun 2011 silam dan kini S-Pen menjadi bagian pokok dari lini Samsung Galaxy Note Series. Kabarnya vendor Apple juga akan menghadirkan pen stylus dalam dua model iPhone 2018 dengan layar OLED. Benarkah?

Terakhir kalinya Samsung membuat kejutan dengan menghadirkan pen digital S-Pen yang lebih canggih dan bernyawa. Hal itu  diperlihatkan dalam phablet Samsung Galaxy Note 9 yang baru saja diperkenalkan dimana S-Pen tersebut didukung konektivitas Bluetooth sehingga dapat digunakan seperti sebuah remote. Hal itu nampaknya membuat Apple kepincut menghadirkannya pada smartphone iPhone 2018 terbarunya.

Baca Juga Perilisan iPhone 2018 Terancam Ditunda Karena TSMC?

Seperti diketahui Apple memang menjadi kompetitorr dari Samsung sejak lama sehingga vendor yang berbasis di Cupertino itu tak tinggal diam. Kabarnya vendor yang digawangi oleh Tim Cook itu akan menghadirkan iPhone generasi mendatang termasuk iPhone 2018 dengan dukungan pen stylus yang biasa disebut Apple Pencil.

Seperti yang dilaporkan TrendForce, Apple diperkirakan akan menghadirkan dua model iPhone terbaru tahun 2018 dengan membawa layar OLED. Sementara satu model iPhone 2018 lain hadir dengan mengusung panel layar LCD. Dua smartphone iPhone layar OLED itu menawarkan layar seluas 5.8 inci dan 6.5 inci sementara untuk iPhone dengan layar LCD mengusung layar lapang seluas 6.1 inci.

iPhone 2018
Copyright ©macrumors Via trendforce

Diperkirakan pen stylus atau Apple Pencil iPhone 2018 hanya akan dibekalkan pada dua model iPhone dengan panel layar OLED. Tentunya hal ini cukup menarik karena rasanya kurang efektif jika pen digital itu dioperasikan pada perangkat iPhone dengan panel LCD. Permasalahan lainnya adalah Apple Pencil memiliki dimensi yang lumayan besar dan memang berbeda dengan S-Pen terbaru Samsung.

Apple Pencil yang akan dibenamkan dalam dua model iPhone 2018 ini sendiri terlihat seperti halnya pulpen normal dimana tidak memiliki masalah saat dioperasikan pada perangkat iPad. Akan tetapi jika membawanya kedalam saku untuk digunakan pada perangkat iPhone nampaknya kurang begitu praktis lantaran memiliki ukuran cukup besar.

Baca Juga iPhone Dual SIM Hanya Dirilis Untuk Pasar Cina, Apple?

Lantas akankah Apple akan mampu menghadirkan pen stylus dalam bodi iPhone 2018 ini nantinya seperti halnya Samsung? Pasalnya Samsung sendiri telah sukses menghadirkan Galaxy Note 9 dengan dukungan wadah untuk tempat S-Pen. Nampaknya jika Apple harus mengubah ukuran Apple Pencil dan membuat wadah penyimpanan pada bodinya hal itu sulit dilakukan.

Sementara itu laporan lain dari TrendForce menyebutkan bahwa iPhone 2018 model 5.8 inci dan 6.5 inci akan menawarkan tiga varian storage berbeda yakni 64 GB, 256 GB dan 512 GB diperkuat RAM 4 GB. Sementara untuk model 6.1 inci dengan layar LCD hadir dalam dua varian storage yakni 64 GB dan 256 GB diperkuat RAM 3 GB.

Untuk banderolan harga iPhone 2018 model LCD kabarnya akan dibanderol mulai harga USD 699 sementara untuk model layar OLED akan hadir dengan label harga USD 899. Kita nantikan saja informasi terbaru dari Apple mendatang.

Baca Juga Bukan Lagi Kode atau Luas Layar, Inikah Nama iPhone 2018 Series yang Sebenarnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.