Asus Ungkap Peluncuran dan TKDN Ponsel Gaming Asus ROG Phone di Indonesia

0
2240
ASUS ROG Phone
Copyright ©Asus

Smartphone Gaming Asus ROG Phone Segera Meluncur di Indonesia

OKETEKNO.COM – Persaingan di pasar smartphone memang semakin memanas menuntut sejumlah vendor harus terus berinovasi menghasilkan ponsel dengan inovasi berbeda. Belakangan ini sejumlah vendor bersaing merilis smartphone gaming sebut saja vendor Xiaomi dan Razer begitu pula Asus. Smartphone gaming dari vendor Taiwan ini bertajuk Asus ROG Phone yang telah dikonfirmasi akan hadir di pasar tanah air. Asus Indonesia bahkan blak-blakan mengungkap TKDN dan perilisan ROG Phone di Indonesia.

Smartphone gaming Asus ini pertama kali diperkenalkan pada Juni 2018 lalu di Taiwan dimana hadir sebagai ponsel dengan komponen yang memiliki kinerja tinggi yang ditujukan untuk bermain game mobile. Pihak Asus sendiri mengungkapkan terkait rencana penjualan Asus ROG Phone di Indonesia. Jimmy Lin selaku South East Regional Director Asus menyatakan pihaknya masih mencanangkan terkait waktu perilisan smartphone gamingnya yakni pada kuartal empat 2018.

Baca Juga Asus Zenfone Max Pro M1 6GB Resmi Meluncur di Indonesia dengan Harga Masih Terjangkau!

Jimmy Lin pada acara peluncuran dua laptop gaming Asus seri ROG (Republic of Famers) di Jakarta pada Selasa (14/8/2018) mengungkapkan terkait tanggal pasti Asus ROG Phone di Indonesia belum ditentukan. Lebih lanjut pihak Asus sendiri masih berdiskusi terkait banderolan harga smartphone gaming yang diotaki oleh chipset tangguh Qualcomm Snapdragon 845.

Dalam perilisan Asus ROG Phone di Indonesia nantinya, smartphone gaming ini akan dibundel dengan salah satu aksesoris atau lebih. Perlu diketahui sang vendor memang membuat beberapa aksesoris pendukung untuk ROG Phone diantaranya pendingin yang dapat ditempelkan di punggung ponsel untuk meredam panas saat digunakan bermain game, controller seperti gamepad, desktop dock dan juga twin view dengan layar kedua yang mirip konsol game handheld dengan menggunakan aksesoris TwinView Dock maka pengguna dapat membagi layar smartphone menjadi dua yaitu atas dan bawahnya.

Asus ROG Phone with Dock
Copyright ©Android Authority

Kabarnya Asus akan berencana mematok harga ROG Phone dengan didasarkan aksesoris apa yang akan dipaketkan bersama ponsel ini. Sementara untuk aksesoris lainnya yang tidak dibundel dengan smartphone gaming ini kemungkinan akan dijual secara terpisah. Lin mengungkapkan bahwa sulit untuk membandingkan harga Asus ROG Phone dengan model lain yang telah beredar di pasaran meskipun sama-sama menyasar segmen high-end. Pihaknya mengutamakan kinerja dimana harganya akan dibanderol sesuai aksesoris bundling.

Lantas berapa banderolan harga Asus ROG Phone di Indonesia nantinya? Saat menghadapi pertanyaan terkait harga, Marketing Manager Asus Indonesia bernama Galip Fu hanya memberikan sedikit kisi-kisi. Ia memastikan banderolan harganya lebih murah dibandingkan laptop gaming ROG yang diperkenalkannya dengan banderolan harga terendah Rp 24.299.000 per unit.

Baca Juga Berkat Fitur Ini, OPPO Find X Bisa Menjadi Smartphone Gaming yang Handal

Sementara terkait TKDN Asus ROG Phone di Indonesia sendiri belum mencapai 30 persen. Head of Public Relations and E-Marketing Asus Indonesia bernama Muhammad Firman menyebutkan bahwa ROG Phone belum memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 30 persen untuk dapat dipasarkan di pasar lokal. Lebih lanjut Asus akan menempuh pemenuhan TKDN dari kombinasi jalur hardware melalui perakitan di Indonesia dan software dimana kemungkinan akan ditambah aplikasi lokal.

Smartphone gaming Asus ROG Phone ini siap menjadi pesaing ZTE Nubia Red MagicXiaomi BlackShark dan Razer Phone dimana disokong spesifikasi kelas atas. Mengusung layar lapang seluas 6.0 inci beresolusi 2160 x 1080 pixels dalam aspek rasio 18:9 kekinian yang siap menghasilkan gambar jernih dan tajam. Dapur pacu yang dibawakan pada ponsel gaming ini sendiri cukup handal dengan dipersejatai chipset Qualcomm Snapdragon 845 dimana kinerjanya handal dengan kecepatan ditingkatkan melalui overlock. ROG Phone dipadankan dengan GameVice sehingga bentuk perangkat lebih menyerupai sebuah konsol portable.

Asus ROG Phone acc
Copyright ©Kompas

Performa dari smartphone gaming Asus ROG Phone yang siap dirilis di Indonesia ini diperkuat RAM 8 GB menghasilkan kinerja tanpa lag. Untuk kapasitas penyimpanannya dibekalkan memori internal dalam dua varian yakni 128 GB dan 512 GB dimana ditenagai oleh baterai dengan daya 4000 mAh dilengkapi fitur fast charging. Di sektor fotografi, tertanam dual kamera beresolusi 12 MP + 8 MP serta memiliki kamera depan 8 MP dengan sejumlah aneka macam aksesoris.

Kehadiran Asus ROG Phone di Indonesia akhir tahun 2018 nantinya kemungkinan akan mejnadi pelopor pasar baru di segmen pasar smartphone gaming kelas atas yang belum pernah ada. Jimmy Lin sendiri mengakui sangat optimis ponsel ini akan menarik minat para konsumen tanah air. Pihaknya melihat tren smartphone gaming terus menigkat yang membuatnya ingin menjadi pioneer smartphone gaming di pasar lokal.

Baca Juga Asus Tengah Persiapkan Smartphone Gaming dengan RAM 10GB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here