Tidak Hanya Iklan, YouTuber bisa dapat Uang Lewat 3 Cara Ini

0
2226
YouTube log
Copyright ©Tubefilter

3 Metode Lain Untuk Mendapatkan Penghasilan YouTube Selain Dari Iklan

Oketekno.com – Dikarenakan YouTube menjadi salah satu media streaming paling populer di Dunia, maka tidak heran kalau banyak kalangan yang memanfaatkannya untuk mencari penghasilan pada layanan ini. Mereka yang menjadi konten kreator biasa disebut dengan YouTuber.

Nah, selama ini kita mengetahuinya kalau mereka (YouTuber) mendapatkan penghasilan melalui iklan yang ditambahkan pada video buatannya, entah itu dalam jumlah yang sedikit maupun banyak dan biasanya sering dikaitkan dengan Google Adsense (salah satu penyedia layanan iklan terbesar di Dunia). Namun kali ini pihak YouTube membuka kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan penghasilan melalui 3 metode lain.

Simak Nih: Trik Rahasia Dapatkan Uang dari YouTube Tanpa Upload Video, Mudah Banget!

Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Neal Moham selaku menjabat sebagai Direktur Produk YouTube, cara monetisasi ini telah dibuat supaya para kreator konten nantinya bisa lebih betah serta terus berkreasi melalui layanannya. Selain itu, Ia juga mengungkap kalau inovasi ini dibuat untuk memberikan pilihan kepada YouTuber lebih banyak.

YouTube
Copyright ©Entrepreneur

Dari informasi yang telah didapat dari Mashable, paling tidak ada tiga cara baru bagi kreator konten YouTube untuk mendulang pendapatan. 3 cara diantaranya yakni keanggotaan berbayar, penjualan merchandise, dan juga fitur premieres.

Ketahui Yuk: Cara Streaming Youtube Go Gratis dengan Kuota & Pulsa Rp 0 Tanpa Download

Keanggotaan berbayar, dengan metode ini para YouTuber bisa memberikan penawaran eksklusif terhadap para subscriber miliknya dengan cara berlangganan setiap bulan. Untuk konten khusus yang dimaksudkan diisni disini bisa berupa Video, Emoji, Badge maupun fasilitas ekstra lainnya yang sesuai dengan keinginan pemilik channel. Untuk menerapkan sistem ini paling tidak mereka harus memiliki 100 ribu pengikut terlebih dahulu. Dan untuk biaya langganan tiap subscriber yang dikenakan yakni 4,99 dollar AS atau setara dengan Rp 70 ribu setiap bulannya. Dan YouTube akan mendapatkan potongan sebesar 30%.

Pejualan Merchandise, melalui fitur ini YouTuber bisa lebih kreatif lagi dengan membuat pernak-pernik khas seperti T-Shirt, Mug, Stiker maupun boneka. Dan aksesoris ini bisa dijual ke para pengikutnya. Syaratnya yakni YouTuber harus memiliki 10 ribu pengikut terlebih dahulu.

Premieres, fitur ini mirip dengan Live Streaming dan konten kreator dengan pelanggan bisa melakukan chat langsung. Nah, para pengikut bisa membeli Super Chat sehingga setiap komentarnya nanti memiliki tanda khusus. Dan program ini disebut dengan YouTube Partner Program (YPP), dan untuk menggunakannya paling tidak YouTuber memiliki 1.000 subscriber dan durasi total tontonan 4.000 jam selama setahun ke belakang.

baca juga: 8 Trik Spesial YouTube yang Ternyata Canggih Banget, Ada yang Sudah Mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.