Miliki Notch Mungil, OPPO F9 Korbankan Sensor Jarak dan Cahaya?

0
2640
OPPO F9 UnBox
Copyright ©Tribunnews

Dikarenakan Bentuk Poni Terlalu Kecil, OPPO F9 Dianggap Tidak Miliki Proximity dan Ambient Light Sensor

Oketekno.com – Kemarin atau tepatnya pada tanggal 23 Agustus 2018 OPPO Secara resmi telah memperkenalkan Smartphone selfie terbarunya bernama OPPO F9. Smartphone ini memiliki notch dengan bentuk unik dan disebut dengan waterdrop display, karena memang bentuk dari poni yang ada di atas layarnya ini memiliki bentuk menyerupai tetesan air.

Jika kita lihat lebih dekat, maka disana hanya dapat ditemukan lensa kamera selfie yang beresolusi 25MP saja. Biasanya, Smartphone kebanyakan pasti membenamkan sensor proximity dan cahaya pada bagian ini. Namun kalau bentuknya minimalis seperti itu, lalu sensor tersebut diletakkan dimana? Apakah benar-benar dihilangkan?

Simak Nih: Resmi Dirilis, OPPO R17 Miliki Spesifikasi Lebih Premium Dibanding F9

Perlu diketahui bahwa untuk sensor Proximity ini berfungsi untuk mendeteksi jarak ponsel dengan tubuh penggunanya, termasuk telinga. Contohnya sederhananya yakni ketika kita menelepon seseorang maka layar akan mati, itulah salah satu fungsi yang dihasilkan.

OPPO F9 Screen
Copyright ©The Unbiased Review

Kemudian untuk sensor cahaya tentu sudah pada tau kan? Ya, ketika kita mengatur kecerahan pada mode Auto maka sensor inilah yang bekerja. Sensor cahaya ini bisa mendeteksi kadar cahaya, ketika terang (outdoor siang hari) maka kecerahan layar akan ditingkatkan, namun saat minim cahaya maka tingkat kecerahan juga akan meredup.

Ketahui Yuk: Duo OPPO F9 Spesial Edition Siap Hadir di Indonesia Bulan Depan, Ini Jadwalnya

Mengenai anggapan hilangnya 2 sensor penting ini, Suwanto selaku menjadi Marketing Plan OPPO Indonesia telah mengungkap kalau semua sensor yang dimaksud tersebut tidak dikurangi maupun dihilangkan. Sensor proximity dan Ambient light ini masih terletak di tempat yang semestinya.

Namun dikarenakan bagiannya sangat minim, maka OPPO telah mengumpulkan sensor ini di satu tempat yakni persisi di atas lensa kamera depannya. Tentu ini merupakan inovasi baru dimana biasanya untuk kedua sensor tersebut rata-rata memiliki jarak 1-1.5cm. Dalam acara peluncuran OPPO F9 kemarin, Suwanto mengungkap kalau kedua sensor ini baru akan terlihat dengan jelas kalau sudah dibongkar.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya Essential Phone membawa notch yang minimalis, namun desainnya terkesan classic dan biasa. Nah, melalui OPPO F9 perusahaan asal China ini melakukan inovasi baru yang diharapkan akan menjadi nilai jual yang unik dan diterima oleh para penggunanya.

baca juga: Harga Oppo F9 vs Vivo V9, Adu Terbaik Phablet Poni Dual Kamera 6.3 Inci

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.