BlackBerry Tuntut Facebook, Malah Menjadi Boomerang?

0
526
Facebook
Copyright ©The National

Tak Terima Dituntut, Facebook Tuntut BlackBerry Balik

Oketekno.com – Dalam bidang teknologi, kita sering kali melihat adanya pertengkaran mengenai hak paten. Salah satu pertengkaran terkait hak paten yang cukup lama yakni antara Samsung dan Apple dimana baru saja selesai tahun ini. Nah, kali ini muncuk kembali pertarungan paten antara Facebook dengan BlackBerry.

Raksasa sosial media yang memiliki kantor pusat di Amerika Serikat ini telah digugat oleh mantan penguasa bisnis Smartphone dari Kanada. BlackBerry telah menuduh kalau perusahaan Facebook selaku yang menjadi penaung layanan sosial media lain seperti Instagram dan WhatsApp telah mencuri teknologi dan fitur dari layanan BlackBerry Messenger miliknya.

Simak Nih: Fitur Baru Facebook Telah Menginspirasi Twitter?

Mungkin bagi kalian yang merupakan pengguna BBM sekaligus menggunakan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Messenger maupun Instagram menyadari akan hal ini. Seolah Facebook tak terima akan hal tersebut, lantas perusahaan ini melakukan serangan balik.

BlackBerry
Copyright ©PC Tech Magazine

Pekan ini, Facebook telah menuntut balik BlackBerry ke meja hijau dengan mengajukan dokumen gugatan setebal 118 halaman ke pihak pengadilan federal San Fransisco, Amerika Serikat. Dalam gugatannya tersebut raksasa sosial media ini telah menuduh kalau pihak BlackBerry telah melakukan pencurian terhadap sejumlah teknologinya dimana yang sudah dipatenkan terkait layanan pesan instant, ini termasuk Voice Messaging juga.

Ketahui Yuk: Cara Mengubah Tema FB, Instagram dan Sosmed Lain Tanpa Root

Jika di total Facebook menganggap kalau ada 6 paten yang telah dilanggar oleh BlackBerry. Tidak hanya itu, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini juga mencantumkan pelanggaran paten lainnya termasuk teknologi pengolahan grafis, video serta audio di perangkat mobile. Kemudian ada juga hak paten terkait “Analisa data GPS”.

Sebagaimana yang telah dilansir dari laman Bloomberg, Facebook telah menuntut BlackBerry untuk melakukan ganti rugi, namun untuk berapa jumlah nominal yang diminta masih belum diketahui lebih lanjut. Dan mengenai hak paten, BlackBerry bukan perusahaan yang kecil sebab perusahaan ini memiliki 40.000 paten global terkait teknologi.

Tidak hanya Facebook, sebelumnya Qualcomm juga digugat oleh BlackBerry sehingga harus memberikan royalti sebesar 940 juta dollar AS ke perusahaan berbasis di Kanada tersebut. Kemudian Nokia juga sempat digugat pada bulan Februari 2017 silam terkait paten teknologi wireless 3G dan 4G.

baca juga: Cara Login FB, Instagram dan Twitter dalam 1 Aplikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.