Meski Populer, Mac App Store Tetap Hapus Aplikasi Ini dengan Alasan Mengejutkan!

0
719
Mac App Store
Copyright ©The Inquisitr

Apple Tidak Ingin Berkomentar Banyak Setelah Melakukan Pemblokiran

Oketekno.com – Selama ini kita mengenal kalau perusahaan Apple selalu memprioritaskan tentang keamanan dan privasi masing-masing pengguna perangkat besutannya. Tidak hanya itu saja, berbagai aplikasi yang akan dipasang pada produk miliknya juga harus memenuhi persyaratan yang ketat dari Apple.

Dan kalau ada aplikasi yang melanggar ketentuannya, maka tidak segan-segan Apple memblokirnya. Seperti yang telah dilakukan belum lama ini yakni memblokir aplikasi Adware Doctor. Perlu diketahui bahwa untuk aplikasi ini merupakan salah satu yang paling populer di Mac App Store. Fungsinya adalah mencegah infeksi malware dan berbagai file berbahaya di komputer.

Simak Nih: Apple Konfirmasi Tanggal Peluncuran iPhone 2018 Terbaru, September ini!

Akan tetapi masalahnya adalah, Adware Doctor malah melanggar privasi yang ditentukan Apple dengan mengumpulkan history pencarian dari sang penggunanya secara diam-diam tanpa persetujuan terlebih dahulu. Mengetahui hal tersebut, perusahaan asal Amerika Serikat ini langsung menghapus aplikasi tersebut dari Mac App Store.

Adware Doctor Blocked
Copyright ©Softpedia News

Untuk pencurian data ini pertama kali diungkap oleh peneliti keamanan Patrick Wardle dan Privacy 1st. Melalui keterangannya, Adware Doctor telah meminta akses ke Home Directory dan juga berkas pengguna. Kemudian untuk akses ini dipakai untuk mengumpulkan data browsing dari aplikasi pencarian seperti Chrome, Safari hingga Firefox. Kemudian data tersebut telah di kompres menjadi file bernama “history.zip” dan dikirim ke China.

Permasalahan utamanya yakni walaupun meminta akses ke home directory dan berkas, namun aplikasi Adware Doctor tidak memberikan keterangan keperluannya untuk mengumpulkan data browsing pengguna sehingga dianggap telah melakukan pencurian data. Dan permasalahan ini sudah begitu jelas sehingga pekan lalu Adware Doctor langsung dihapus dari Mac App Store. Disisi lain, Apple juga tidak memberikan komentar yang panjang lebar.

Perlu diketahui bahwa untuk aplikasi Adware Doctor ini sebelumnya memiliki harga US$ 5 dan sempat masuk ke posisi 5 besar aplikasi berbayar paling populer di Mac App Store. Dan setelah dilakukan penghapusan ini masih belum jelas apakah para pengguna yang telah melakukan pembelian mendapatkan refund atau tidak.

baca juga: Apple Store Langsung Tutup Sementara Setelah Ledakan Baterai iPad, Sebahaya Itukah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here