YouTube Uji Coba Format AV1, Seperti Apa?

1
3274
YouTube
Copyright©androidguys

YouTube Uji Coba Format Baru

Oketekno.com – Sebagai platform media streaming paling populer di Dunia, perkembangan perlu dilakukan supaya bisa mempertahankan eksistensi dan para pengguna yang menikmati layanan tersebut. Seperti yang dilakukan Google terhadap layanan streaming miliknya bernama YouTube.

Belum lama ini streaming media paling unggul di Dunia tersebut tengah melakukan uji coba dukungan video format AV1. Untuk format ini nantinya akan menggantikan format VP9 yang mana akan bersaing dengan HEVC/H.265.

Simak Nih: Cara Menghemat Baterai Saat Streaming Video di YouTube

Dengan dihadirkannya format baru AV1 ini, maka pihak Google memberikan janji kalau format video yang akan diputar ini nantinya memiliki file lebih kecil, akan tetapi untuk kualitas streaming yang ditampilkan tidak mengalami penurunan. Bahkan akun YouTube Developers juga membagikan beberapa daftar video yang bakal menerima transcode format AV1.

YouTube new forma
Copyright©IST

Untuk saat ini format video AV1 masih terbatas. Melalui keterangan yang disampaikan oleh team pengembang YouTube, mereka memberikan saran kepada para pengguna yang ingin mencoba format terbarunya ini bisa menggunakan aplikasi browser Chrome 70 atau firefox Nightly versi 63. Akan tetapi untuk para pengguna FireFox harus melakukan modifikasi terlebih dahulu preferensi di perambannya supaya dapat mendukung format AV1 ini. Yaitu dengan memuat “media.av1.enabled and media.mediasource.experimental.enabled preferences set” pada baris alamat peramban.

Ketahui Yuk: Cara Nonton Video YouTube Tanpa Boros Kuota, 100% Hemat!

Ketika peramban sudah mendapatkan dukungan format AV1 maka kunjungi tautan https://www.youtube.com/testtube, kemudian aktifkan opsi “Prefere AV1 for SD”. Setelah itu silahkan masuk ke AV1 Beta Launch Playlist yang sudah disediakan oleh pengembang YouTube.

format AV1
Copyright©YouTUbe

Untuk video Transcoding AV1 ini nantinya akan diputar pada resolusi 480 piksel atau dibawahnya dan format VP9 baru bakal digunakan untuk resolusi lebih tinggi. Dengan begini nantinya untuk memastikan apakah format sudah mendukung AV1 atau belum bisa klik kanan pada video yang diputar, kemudian pilih “Stats for Nerds” atau “Informasi statistik”. Dengan begini format video akan terpampang pada kolom codecs.

Akan tetapi bagi pengguna YouTube yang ingin langsung merasakan versi stable alias bukan uji coba, baru bisa mendapatkannya pada tahun 2019 atau 2020 mendatang.

baca juga: Video YouTube Tidak Bisa Diputar ‘401’? Begini Cara Mengatasinya

1 COMMENT

  1. Menjadi milyuner/milyarder adalah mudah, bisa diwujudkan hanya dengan bekerja dari rumah, dan dapat diraih dalam tempo yang singkat.

    Anda mau tahu caranya?

    Artikel pada blog ini menjelaskan secara menyeluruh dari A s/d Z tentang cara bagaimana untuk memperoleh kebebasan finansial secara mudah, sederhana dan dapat ditempuh dalam waktu yang sangat singkat. Informasi selengkapnya, silahkan kunjungi alamat berikut: https://bit.ly/2MY8AAJ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here