Aturan YouTube Kids Diperlonggar, Bahaya atau Lebih Baik?

0
787
YouTube Kids children
Copyright©CNN Money

YouTube Kids Dibagi Menjadi Dua Kelompok

Oketekno.com – Belum lama ini layanan YouTube Kids akhirnya tiba juga di Indonesia. Dengan begitu para anak-anak bisa menikmati konten visual lebih aman dan nyaman karena memang sajian video yang ditampilkan sesuai dengan umurnya. Sejak pertama kali diluncurkan, layanan ini memang mengusung tema “New Family-Friendly App”.

Nah, kali ini pihak pengembang telah memberikan fitur baru yang memperlonggar kendali orang tua terhadap tontonan anaknya. Akan tetapi tidak semua anak, melainkan aturan kelonggaran ini hanya diberikan kepada anak-anak yang memiliki usia 8-12 tahun yang mana dirasa sudah saatnya untuk memahami konten seusianya.

Simak Nih: Cara Menghemat Baterai Saat Streaming Video di YouTube

Para orang tua dapat mengaktifkan mode “Older” jika anak sudah cukup umur dan ingin mengenal dunia digital lebih mendalam lagi. Namun tidak dilepas begitu saja dan nikmati sembarang konten, melainkan yang mulai diperbolehkan ditonton contohnya saja seperti konten musik populer dan juga video gaming.

YouTube Kids 1
Copyright©YouTube

Akan tetapi kalau memang orang tua masih belum bisa melepaskan anaknya, maka bisa aktifkan mode “Younger” yang mana pada mode ini konten yang tersaji hanya berisi mengenai video edukasi saja. Namun untuk sementara ini hanya sebatas Negara Amerika Serikat saja yang dapat menikmati konten tersebut, sedangkan wilayah lain dipastikan tidak lama lagi.

Ketahui Yuk: YouTube Uji Coba Format AV1, Seperti Apa?

Tidak hanya itu, orang tua juga disajikan daftar putih yang bisa diisi dengan konten apa saja yang dapat ditonton oleh buah hatinya. Untuk mengakses fitur ini, pertama kita masuk ke menu Setting terlebih dahulu, kemudian pergi ke profil dan pilih opsi “approved content only”. Setelah itu, masukkan video mana saja yang dapat ditonton oleh buah hatinya dengan klik tombol “+”.

YouTube Kids 2
Copyright©YouTube

Ketika fitur tersebut diaktifkan, maka anak-anak tidak bisa melakukan searching video lain. Dan untuk fitur ini sudah tersedia untuk pengguna Android, sedangkan iOS tidak lama lagi juga bakal mendapatkannya. Memang sedikit merepotkan, namun dengan sistem ini Orang Tua bisa lebih serius mengawasi konten yang dilihat oleh anaknya di YouTube Kids.

Dibalik itu semua akan ada moderator yang dapat menyaring video YouTube Kids yang telah diunggah oleh beberapa kanal untuk menentukan apakah konten yang tersaji ini cocok untuk ditonton usia dini atau tidak. Pengawasan yang ketat memang penting sekali disini mengingat pihak pengembang juga sering kecolongan sehingga menuai protes dari beberapa pengguna di seluruh penjuru Dunia.

baca juga: Cara Nonton Video di YouTube Go Gratis Tanpa Kuota Internet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.