4 Fitur Terbaru Google Search yang Semakin Canggih

1
1188
Google Search Laptop
Copyright©Medium

Mulai Fitur Pencarian Gambar Hingga Lowongan Pekerjaan

Oketekno.com – Ketika kita sedang membutuhkan informasi tentang suatu hal, maka solusi terbaik yang bisa ditempuh adalah Google Search. Hanya perlu koneksi internet dan perangkat teknologi canggih, berbagai informasi yang dibutuhkan bisa terjawab sudah dengan hasil pencarian melalui layanan tersebut. Walaupun masih belum terpuaskan sepenuhnya, paling tidak sudah mengetahui pokok utamanya.

Setelah berjalan selama 20 tahun, kini layanan Google Search telah mengalami banyak perubahan dan semakin canggih saja. Tepat di bulan dimana layanan pencarian ini di ciptakan, Google telah meluncurkan beberapa fitur baru yang memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan.

Simak Nih: Update Lagi, Google Hadirkan Stiker Minis Lucu Untuk Gboard Android & iOS

Hal ini tidak lain bertujuan untuk membuat hasil pencarian pengguna lebih relevan dan tepat sasaran. Ada 4 fitur pembaruan yang diberikan, diantaranya yakni:

Google Search
Copyright©Oketekno
  1. Active Card

Untuk fitur ini nantinya bisa berfungsi untuk hasil penelusuran terkait dan pencarian sebelumnya yang pernah Anda lakukan pada topik yang sama. Dengan begini, maka pengguna bisa menemukan keselarasan informasi antara penelusuran yang sedang dilakukan dan telah dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang sama.

Fitur tersebut bakal muncul di pencarian teratas pada keyword yang dimasukkan. Dengan kata lain, fitur ini memanfaatkan cache sebagai rekomendasi pencariannya.

Ketahui Yuk: Ops! Google Pixel 3 XL Ketinggalan di Taksi Online

  1. Collections

Sesuai dengan penamaannya dimana fitur ini bisa menyimpan dan mengatur penelusuran mengenai topik tertentu. Koleksi ini juga ada hubungannya dengan Active Card untuk ditambahkannya ke koleksi sehingga pengguna bisa lebih mudah untuk mencari pembahasan tertentu.

  1. Discover

Discover ini nantinya akan hadir di layanan Google Search Mobile. Berkat adanya fitur ini maka memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai konten yang muncul pada laman pencarian. Tidak hanya itu, pencarian gambar dan video juga bisa lebih canggih.

Sama seperti fitur YouTube yang hadir beberapa waktu lalu, ketika kita melakukan pencarian video, maka akan diputarkan cuplikannya. Sedangkan untuk pencarian gambar akan ditambahkan kemampuan Google Lens untuk melakukan pencarian.

  1. Pathways

Dan yang terakhir ada fitur Pathways, fitur ini sangat berguna bagi para pencari lowongan kerja. Fitur ini nantinya tidak hanya akan menampilkan lowongan kerja saja, melainkan juga bakal menunjukkan perincian program pelatihan yang bisa diambil untuk persiapan meniti karier.

Untuk saat ini beberapa fitur baru Google Search ini sudah bisa dirasakan oleh beberapa pengguna, namun belum banyak yang menyadari akan kehadiran keempat fitur tersebut.

baca juga: Google Kena Marah Besar CEO Fortnite Lantaran Hal Ini

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here